ANALISIS KUAT PENERANGAN BUATAN PADA RUANG BELAJAR PROGRAM STUDI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK BERBASIS PERANGKAT LUNAK RELUX PROFESIONAL

ROHMAD HIDAYAT, . (2017) ANALISIS KUAT PENERANGAN BUATAN PADA RUANG BELAJAR PROGRAM STUDI TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK BERBASIS PERANGKAT LUNAK RELUX PROFESIONAL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI ROHMAD H 5115116930 softcopy.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan nilai kuat penerangan pada ruang belajar program studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 55 Jakarta. Hasil dari penelitian yang dilakukan juga akan membuktikan bahwa simulasi Relux Pro bisa menjadi cara yang tepat untuk memprediksi nilai kuat penerangan pada ruang belajar tersebut. Jika hasil penelitian menunjukan nilai kuat penerangan ruang belajar tersebut masih di bawah standar minimal menurut SNI, maka akan dibuat perbaikan desain untuk memperoleh penerangan di atas standar minimal pada ruangan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode rekayasa teknik dengan memanfaatkan tiga cara yaitu pengukuran, perhitungan manual dan simulasi Relux Pro. Cara pengukuran menggunakan Luxmeter sebagai alat ukur untuk mendapatkan nilai kuat penerangan yang terukur pada ruang belajar. Cara perhitungan manual berdasarkan standar tata cara perhitungan menurut SNI dan cara simulasi menggunakan program Relux Pro untuk memprediksi nilai kuat penerangan yang seharusnya terdapat pada ruang belajar. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai kuat penerangan rata-rata yang terukur dengan luxmeter di ruang belajar hanya 147 lux. Kemudian dengan cara perhitungan manual dan simulasi, nilai kuat penerangan yang seharusnya terdapat pada ruang belajar tersebut juga masih dibawah 300 lux.. Hasil penelitian juga membuktikan bahwa dengan Relux Pro, akan lebih banyak simulasi dan hasil keluaran yang bisa diperoleh secara cepat dan dengan data yang lengkap serta tampilan yang estetis, sementara perhitungan manual hanya menghasilkan jumlah titik lampu dan nilai kuat penerangan pada bidang kerja saja. Kemudian pada perbaikan desain ruang belajar tersebut, untuk mencapai nilai kuat penerangan di atas 300 lux dapat diperoleh dengan merubah karakter warna dari dinding, plafon, lantai di dalam ruang kelas, mengganti sumber penerangan dengan lampu yang jumlah lumennya lebih tinggi serta mengurangi tingkat pengotoran di dalam ruang belajar tersebut. The purpose of this research was analyze the value of illumination in the study room at SMKN 55 Jakarta. Analytical results from research undertaken will prove whether the value of illumination already meet the mnimum standards of illumination as 300 lux or still under 300 lux. If the illumination still under 300 lux, then it will be made for the value of design improvement optimal illumination in the study room. This research uses three methods of measurement, calculation and Relux Pro simulation. Measurement method using luxmeter as a means of measurement. Method calculation formula based SNI. Simulation method using Relux Pro simulation to simulate lighting based on conditions on the ground. Result of research shows that three methode used, Relux Pro simulation is the most accurate, easy and visualis compared measurements or calculations. Result of research also shows that the value of illumination in the classrooms still below 300 lux. So that improvement design on study room, to achieve illumination value above 300 lux can be obtained by changing the character of the material colours in the classroom, replace lights that use more than two years and reduce the distance between armature and field work in simulated by Relux Pro Simulation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Purwanto Gendroyono, MT 2) Mochammad Djaohar, ST., M.Sc
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 03:53
Last Modified: 26 Apr 2022 03:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28131

Actions (login required)

View Item View Item