BAYU SEGARA PUTRA, . (2017) PEMBELAJARAN BERNYANYI UNTUK TUNA NETRA DI PANTI SOSIAL BINA NETRA (PSBN) CAHAYA BATHIN JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
JUDUL.pdf Download (1MB) |
|
Text
SATU SKRIPSI FIX REVISI FIX BGT.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran bernyanyi untuk tuna netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin ditinjau berdasarkan tujuan, metode, materi, media dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi pustaka dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui transkrip interview, reduksi data dan penyajian data. Penelitian dilakukan selama 4 bulan yaitu dimulai pada bulan Februari hingga Mei 2017. Hasil penelitian dari data yang dikumpulkan diketahui Pembelajaran Bernyanyi untuk Tuna Netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin menunjukkan bahwa untuk anak tuna netra musik adalah hal yang menyenangkan, mengasah kemampuan bernyanyi dan menambah wawasan tentang berbagai jenis lagu di tanah air. Metode yang digunakan dalam pembelajaran adalah metode ceramah, demonstrasi, imitasi, dan drill. Selain itu, pembelajaran bernyanyi di PSBN Cahaya Bathin menggunakan model pembelajaran musik Suzuki. Dapat dilihat dari prinsip-prinsip model pembelajaran musik Suzuki yang diterapkan dalam pembelajaran bernyanyi di PSBN Cahaya Bathin. Materi yang digunakan adalah materi khusus yang dibuat oleh pelatih yaitu berupa lagu daerah, lagu wajib nasional, lagu anak, dan lagu pop Indonesia. Media yang digunakan adalah microfon, sound system dan alat musik keyboard. Evaluasi yang digunakan adalah evaluasi berdasarkan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Pembelajaran bernyanyi untuk tuna netra di Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin dapat dikatakan cukup efektif karena telah mencapai tujuannya. The purpose of this research is to know the process of learning to sing for the blind at Bina Netra Social House (PSBN) Cahaya Bathin reviewed based on purpose, method, material, media and evaluation. The research method used is descriptive qualitative research method with case study approach, with data collection technique through observation, interview, literature study and documentation. The data obtained were analyzed through interview transcript, data reduction and data presentation. The study was conducted for 4 months starting from February to May 2017. The results of the data collected are known to be a Singing Lesson for the Blind at Bina Netra (PSBN) Cahaya Bathin Bina Netra shows that for blind children the music is a fun thing, sharpening the ability to sing and add insight about various types of songs in the homeland. The methods used in learning are lecture, demonstration, imitation, and drill methods. In addition, learning to sing in PSBN Cahaya Bathin using the model of music learning Suzuki. Can be seen from the principles of Suzuki music learning model applied in learning to sing in PSBN Cahaya Bathin. The material used is the special material created by the trainer in the form of regional songs, national mandatory songs, children's songs, and Indonesian pop songs. The media used are microfon, sound system and keyboard instrument. The evaluation used is evaluation based on attitude, knowledge, and skill assessment. The learning of singing for the blind at Bina Netra Social House (PSBN) Cahaya Bathin can be said to be effective because it has achieved its goal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Dra. Sri Hermawati, M.Pd, 2) Helena Evelin Limbong, M.Sn, |
Subjects: | Seni Musik > Musik |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 Apr 2022 05:15 |
Last Modified: | 26 Apr 2022 05:15 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28138 |
Actions (login required)
View Item |