PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (SKETCH UP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN MACAM-MACAM PEKERJAAN KONSTRUKSI KAYU

RIZKY RAMADHAN, . (2017) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL TIGA DIMENSI (SKETCH UP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAJARAN MACAM-MACAM PEKERJAAN KONSTRUKSI KAYU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB_1-5.pdf

Download (818kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (259kB)
[img] Text
Daftar Lampiran.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (151kB)
[img] Text
Daftar Gambar.pdf

Download (144kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (0B)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf

Download (257kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Daftar Tabel.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan.pdf

Download (430kB)
[img] Text
Riwayat Hidup.pdf

Download (273kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (408kB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (348kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (98kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual tiga dimensi terhadap hasil belajar siswa pada materi macam-macam pekerjaan konstruksi kayu siswa SMKN 56 Jakarta kompetensi keahlian teknik gambar bangunan kelas X dan media pembelajaran visual tiga dimensi membantu siswa dalam memahami materi macam-macam pekerjaan konstruksi kayu dalam mata pelajaran konstruksi bangunan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan yang berjumlah 56 siswa yang dibagi kedalam 2 kelompok kelas, yaitu kelas kontrol (kelas yang menggunakan media powerpoint) dengan jumlah 28 siswa dan kelas eksperimen (kelas yang menggunakan media visual tiga dimensi) yang berjumlah 28 siswa. Analisis data digunakan uji – t dua pihak sampel independen. Hasil belajar sebelum dilakukan pembelajaran macam-macam pekerjaan konstruksi kayu menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 45-95 dengan rata-rata 73,03. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 50-95 dengan ratarata 71,96. Sedangkan hasil belajar setelah dilakukan pembelajaran macam-macam pekerjaan konstruksi kayu menunjukkan bahwa hasil belajar kelas kontrol memiliki nilai 50-95 dengan rata-rata 75,17. Hasil belajar kelas eksperimen memiliki nilai 65-95 dengan rata-rata 85,17. Hasil data yang didapat kemudian diolah dengan uji – t yang menghasilkan nilai thitung = 3,595 dan ttabel = 2,056, sehingga dapat disimpulkan bahwa niai thitung ≥ ttabel atau 3,595 > 2,056 yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Maka dapat disimpulkan media pembelajaran visual tiga mempengaruhi hasil belajar materi macam-macam pekerjaan kontruksi kayu kelas X di SMK Negeri 56 Jakarta. This study aims to know the correlation between three-dimentional media to learning outcomes on subject types of wood construction of students at SMKN 56 Jakarta in competency skills of Drawing Building Engineering 10th grade and The three-dimensional visual learning media assist students in understanding the subject types of wood construction. Data analysis technique that using is quantitative technique with quasi experiment method. The sample of this study is 10 grade students of Drawing Building Engineering which amounts to 56 students and divided into to 2 classes, that is control class (the class that using conventional media) with 28 students and experimental class (the class that using three-dimentional media) which amounts to 28 students. The data analysis used two independent samples t – test.. The learning outcomes before learning of types of wood construction shows that the control class is between 45-95 with average 73,03. The learning outcomes of experimental class is between 50-95 with average 71,96. Meanwhile the learning outcomes after learning types of wood construction shows that the control class between 50-95 with average 75,17 and the experimental class is between 65-95 with average 85,17. Then the result be treated with T-test discovered tcalculate =3,595 and ttable = 2,056, so can be concluded that the tcalculate ≥ ttable or 3,595 > 2,056 which means there is different between control class and experimental class.. So we can conclude three-dimentional media development more effectively used in the learning process class X SMK Negeri 56 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Drs. Arris Maulana, MT 2) Drs. Doddy Rochadi, M.Pd
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 05:23
Last Modified: 26 Apr 2022 05:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28148

Actions (login required)

View Item View Item