PERBANDINGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG SISTEM SARAF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF DAN GENERATIF

FAIRUS QAMILA, . (2015) PERBANDINGAN PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG SISTEM SARAF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KONSEPTUAL INTERAKTIF DAN GENERATIF. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB V.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (338kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (591kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (605kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] Text
COVER-DAFTAR ISI.pdf

Download (266kB)

Abstract

Materi Sistem Saraf merupakan salah satu materi Biologi yang dianggap sulit untuk dipelajari. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa, diantaranya model pembelajaran Konseptual Interaktif dan model pembelajaran Generatif. Kedua model ini berbasis konstruktivistik dan mendukung implementasi Kurikulum 2013 di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan peningkatan pemahaman konsep siswa tentang Sistem Saraf dengan model pembelajaran Konseptual Interaktif dan Generatif. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Kota Tangerang Selatan pada bulan Maret-April 2015. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest two treatment design. Sampel penelitian berjumlah 32 siswa yang dipilih secara simple random sampling. Instrumen yang digunakan berupa tes tertulis pemahaman konsep materi Sistem Saraf yang disertai dengan derajat keyakinan siswa dalam menjawab soal (CRI). Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas dengan uji F. Berdasarkan perhitungan didapatkan data yang normal dan homogen. Pengujian hipotesis menggunakan uji t menunjukkan hasil terima H0 pada α = 0.05, artinya tidak terdapat perbedaan peningkatan pemahaman konsep siswa tentang Sistem Saraf dengan model pembelajaran Konseptual Interaktif dan Generatif. Nervous system is one of biology material which is considered difficult to learn. Several models of learning that can enhance student’s concept understanding are Interactive Conceptual Instruction and Generative learning model. Both models are based on constructivist and support the implementation of curriculum 2013 in Indonesia. This research aimed to compare the student’s improvement concept understanding about nervous system with Interactive Conceptual Instruction and Generative Learning Model. The research was conducted at SMAN 1 Tangerang Selatan on March until April 2015. Quasi experiment with pretest-posttest two treatment design was used. The sample of 32 students was selected by simple random sampling. Instrument applied was written test understanding concept on Nervous System with certainty of response index (CRI). Normality and homogenity test performed by Kolmogorov�Smirnov and F-test, respectively, showed a normal and homogenous data distribution. The statistical hypothesis with t-test result on accepted null hypothesis at α = 0,05. It showed that there was no differences on student’s improvement concept understanding about nervous system between Interactive Conceptual Instruction and Generative learning model.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurmasari Sartono, M.Biomed. ; 2). Dr. Rusdi, M.Biomed.
Subjects: Sains > Ilmu Bumi > Biologi
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:01
Last Modified: 12 May 2022 03:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28157

Actions (login required)

View Item View Item