PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BRAILLE PERMULAAN PADA ANAK TUNANETRA (Penelitian Deskriptif Kualitatif di PSBN Tan Miyat Bekasi)

ARTY PERTIWI, . (2015) PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN BRAILLE PERMULAAN PADA ANAK TUNANETRA (Penelitian Deskriptif Kualitatif di PSBN Tan Miyat Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (878kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (168kB)
[img] Text
abstraksi bahasa indonesia.pdf

Download (189kB)
[img] Text
abstraksi bahasa inggris.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Daftar isi.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (150kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (83kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (94kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (198kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (145kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (137kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (138kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai pembelajaran membaca Al-Qur’an braille permulaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan wawancara yang dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman. Pembelajaran membaca Al�Qur’an braille permulaan dilakukan dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa guru tidak membuat perencanaan pembelajaran dalam bentuk tertulis seperti RPP atau PPI. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode ceramah, metode hafalan, metode tanya jawab dan metode diskusi dengan pendekatan secara individual dan secara klasikal. Materi yang diajarkan adalah materi khusus dalam membaca Al-Qur’an braille permulaan. Media yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah Al-Qur’an braille, iqro braille, buku pedoman membaca dan menulis Al-Qur’an braille, kertas dan riglet. Pada evaluasi pembelajaran, guru melakukan tes secara lisan dan non-tes yang dinilai dari proses pembelajaran. This research aimed to find information about learning of braille Qur’an beginning reading. This research used qualitative approach and descriptive method. The data gathered by using observation and interview wich is analyzed by Miles and Huberman model. The learning of braille Qur’an beginning reading was done with plan, implementation, and evaluation. The result showed that teacher doesn’t make learning planning in written form such as learning planning program or individual learning program. The used learning method is lecture method, individual method, and classical method. The subject is teach special subject for learning of braille Qur’an beginning reading. The use media for learning implementation are braille Qur’an, braille iqro, manual book for reading and writing braille Qur’an, paper and slake and stylus. In learning evaluation, teacher test the students verbally and non�test that considered from learning process

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Asep Supena, M. Psi ; 2). Marja, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:32
Last Modified: 12 May 2022 03:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28206

Actions (login required)

View Item View Item