PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MOTOR DC MENGGUNAKAN KONSEP GAYA LORENTZ UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA

FITRI AYU SUNDARI, . (2015) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MOTOR DC MENGGUNAKAN KONSEP GAYA LORENTZ UNTUK PEMBELAJARAN FISIKA SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (705kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (504kB)
[img] Text
BAB I .pdf

Download (168kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB III .pdf

Download (393kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (272kB)
[img] Text
JUDUL.pdf

Download (163kB)

Abstract

Telah dilakukan penelitian pengembangan media pembelajaran fisika berupa alat peraga motor DC menggunakan konsep gaya Lorentz. Penelitian ini dilakukan sebagai inovasi media pendukung pembelajaran fisika berupa alat peraga untuk pembelajaran gaya magnetik. Penelitian ini menggunakan metode research and development, dengan langkah-langkah melakukan penelitian pengembangan dilakukan dalam lima tahap yaitu (a) Studi pendahuluan, (b) Pengembangan media awal, (c) Uji coba alat peraga, (d) Uji coba kelayakan alat peraga, (e) Uji pemahaman siswa. Penelitian dan pengujian alat peraga dilakukan di Laboratorium Fisika, FMIPA, Universitas Negeri Jakarta dan di SMA Negeri 1 Cikarang Timur. Adapun responden penelitian ini adalah responden ahli responden uji lapangan. Instrumen uji coba berupa angket berskala dengan teknik analisis data yang digunakan menggunakan perhitungan skala Likert dengan pilihan skor 1-5. Diperoleh hasil uji validasi terhadap ahli media sebesar 91%, ahli materi sebesar 85,83%, hasil uji empirik guru sebesar 94.17% serta uji coba alat peraga terhadap siswa sebesar 87,10% yang diinterpretasikan sangat baik. Antara dua jenis larutan ini NaCl dan NaHCO3 yang memiliki elektrolit paling kuat adalah NaCl. Gaya Lorentz yang dihasilkan NaCl yaitu 2.097 10-4 N dengan arus sebesar 0.43 Ampere. NaHCO3 data terbesar didapatkan gaya Lorentz terbesar yaitu 1.366 10-4 N dengan arus sebesar 0.28 Ampere. Hasil pre-test dan post-test pada siswa menyatakan ada kenaikan nilai yaitu dari 27 siswa dengan jumlah pertanyaan 12 soal jumlah jawaban benar siswa rata-rata 30% hasil data pre-test dan setelah dilakukan demonstrasi alat peraga dan dilakukan pengujian berupa post-test jawaban benar siswa meningkat rata-rata 85,8%. Dari hasil perolehan data maka alat peraga motor DC dapat dikatakan layak digunakan sebagai media pembelajaran fisika dan mampu meningkatkan pemahaman siswa untuk materi gaya Lorentz. Has conducted research on the development of physics teaching instrument in the form of props DC motor using the concept of the Lorentz force. This research was conducted as an instrument innovation physics learning support in the form of props for learning the magnetic force. This study uses research and development, with the steps to do the research carried out in five stages of development, namely (a) the preliminary study, (b) Development of early media, (c) The test props, (d) Testing the feasibility of props, (e) test students' understanding. Research and testing of props conducted at the Laboratory of Physics, Science Faculty, State University of Jakarta and in SMAN 1 Cikarang Timur. The respondents of this study is the expert respondents field test. Instrument in the form of a questionnaire-scale trials with data analysis techniques used using a Likert scale calculations with a score of 1-5 options. Obtained test results validate the instrument expert for 91%, amounting to 85.83% of matter expert, teacher empirical test results of 94.17% and trials props for 87.10% of the students who interpreted very well. Between these two types of NaCl and NaHCO3 solution which has the most powerful electrolyte is NaCl. Lorentz force generated NaCl is 2,097 × 10-4 N with a current of 0.43 Ampere. NaHCO3 largest data obtained largest Lorentz force is 1,366 × 10-4 N with 0.28 Ampere current. The results of pre-test and post-test on the students expressed no increase in value is of 27 students by the number of 12 questions about the number of correct answers of students on average 30% of the data pre-test and after the demonstration and testing aids in the form of the post-test correct answers students increased an average of 85.8%. From the results of the data acquisition props DC motor can be said to be fit for use as a medium of learning physics and is able to enhance students understanding of the material Lorentz force.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Esmar Budi, M.T. ; 2). Hadi Nasbey, S.Pd, M.Si.
Subjects: Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:37
Last Modified: 12 May 2022 03:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28211

Actions (login required)

View Item View Item