PENGARUH TES FORMATIF DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN REFLEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 39 SUNTER JAKARTA UTARA

CHAIRUNNISA, . (2017) PENGARUH TES FORMATIF DENGAN SISTEM PEMBELAJARAN REFLEKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA ARAB KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 39 SUNTER JAKARTA UTARA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
chairunnisa skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N) 39 Jakarta pada semester II Tahun Ajaran 2016 - 2017, yang di mulai dari bulan April hingga Juni 201dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai “Pengaruh Tes Formatif dengan Sistem Pembelajaran Reflektif Terhadap Hasil Belajar Bahasa Arab Kelas VIII di Madrasah Tsanawiyah Negeri 39 Sunter Jakarta Utara”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIIII Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N) Jakarta dan sampelnya adalah siswa kelas VIIII sejumlah siswa terdiri dari siswa sebagai kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes pilihan ganda. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi =  Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena hitung 15,993< tabel , Uji Normalitas dari data X yang berdistribusi normal dengan hasil Lhitung < Ltabel dan Uji Normalitas dari data Y yang berdistibusi norman dengan hasil Lhitung < Ltabel  Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari adalah 26,41 sedangkan nilai t-tabel adalah untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam Tes Formatif dengan system pembelajaran reflektif dan siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pembelajaran dengan Tes formatif dengan system pembelajarab reflektif, dan mereka lebih mudah untuk belajar bahasa arab, karena dengan “tes formatif dengan ssstem pembelajaran reflektif ” memberikan siswa kemudahan untuk bisa belajar bahasa arab dimanapun dan kapanpun tidak hanya belajar dikelas serta memudahkan siswa untuk mengulang pelajaran. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Tes Formatif dengan sistem pembelajaran reflektif “. This research was conducted at State Madrasah Tsnawiyah (MTs .N) 39 Jakarta in second semester of academic year 2016 - 2017, which started from April to June 201 with the aim to know the influence of "Influence of Formative Test with Learning Reflective System on Learning Outcomes Arabic Class VIII in Madrasah Tsanawiyah Negeri 39 Sunter North Jakarta ". The method used in this research is experimental method. With the study population are students of class VIIII Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs .N) Jakarta and the sample is a class VIIII students a number of students consist of students as control class and students experimental class. Sampling technique is done by "Purposive Sampling", that is intentional sampling technique in accordance with requirement of sample which needed. The instrument used is the final test in the form of multiple choice test. Data analysis technique used is descriptive statistics and hypothesis test used is t-test at significationlevel= 0.05 The t-test results were obtained after the Normality Test and Homogeneity Test. Homogeneity test with the result of clustering Y and X has Homogeneous variance because count 15,993 <tabel , Normality Test from normal X data distributed with result Lcount <Ltabel and Normality Test of Y data with normanic effect with L countresult<Ltabel After the test, the t-count value obtained from is 26,41 while the t-table value is for degrees of freedom (dk =72 ). Since the t-count obtained is greater than the t-table price, the null hypothesis (H0) is rejected and the research hypothesis (H) is accepted. The results of this study indicate that students get a significant influence in Formative Test with reflective learning system and students are more interested to learn Arabic language especially on learning with formative test with reflective learning system, and they are easier to learn arabic language, because with "formative test With a reflective learning system "gives students the ability to learn Arabic anytime and anywhere not only to study in class and make it easier for students to repeat the lesson. For that teachers should use instructional media in accordance with teaching and learning activities in particular "Formative Test.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Mohamad Sarip,M.A 2) R.A Barnabas,M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:20
Last Modified: 26 Apr 2022 06:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28215

Actions (login required)

View Item View Item