GAYA BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS V SDIT AR-RAUDHAH

REYNALDY SAPUTRA, . (2017) GAYA BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA SISWA KELAS V SDIT AR-RAUDHAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI REYNALDY SAPUTRA GAYA BELAJAR BAHASA PRANCIS PADA SI.pdf

Download (3MB)
[img] Text
CV Reynaldy Saputra.pdf

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana gaya belajar bahasa Prancis pada siswa kelas V SDIT Ar-Raudhah dan faktor-faktor yang mempengaruhi anak belajar. Penelitian ini dilakukan sebanyak lima kali pertemuan berlangsung sejak 19 Oktober sampai 23 November 2016 dengan menggunakan kamera digital untuk mengabadikan proses belajar mengajar di kelas. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dan instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dibantu dengan tabel analisis. Berpedoman pada prosedur penelitian studi kasus yang dijelaskan oleh Soy dan Tellis, maka tahaptahap yang dilakukan dalam penelitian ini antara lain menentukan fokus penelitian dan memformulasikan pertanyaan, menentukan kasus, cara pengumpulan data dan analisa data, mempersiapkan alat pengumpul data, mengumpulkan data di lapangan, mengevaluasi dan menganalisa data, selanjutanya membuat laporan. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis Yin yaitu teknik analisis pattern-matching dan explanation-building. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya belajar siswa kelas V SDIT ArRaudhah didominasi oleh gaya belajar visual yaitu belajar dengan cara melihat. Komposisi gaya belajar pada siswa kelas V SDIT Ar-Raudhah berbeda. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi anak belajar baik internal maupun eksternal siswa. This study aims to describe how is the style of learning french in grade V SDIT Ar-Raudhah and the factors that affect children's learning. This research was conducted in five meetings that started from 19 October to 23 November 2016 by using a digital camera to capture the teaching and learning process in the classroom. This research used the case study method and instrument of this study is the researchers themselves which is assisted with analysis tables. Guided by the procedure case study described by Soy and Tellis, then the stages are performed in this study are to determine the focus of research and formulate questions, determine the cases, determine how to collect the data and analysis of data, prepare data collection tool, collect data in the field, evaluate and analyze data, generate the reports. The analysis in this study using pattern-matching analysis techniques and explanation-building by Yin. The result of this study showed that style of learning french in grade V SDIT Ar-Raudhah dominated by the visual learning style that is learned by seeing. The composition of learning styles in grade V SDIT Ar-Raudhah different. As for factors that affect student learning both internally and externally.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Subur Ismail, M.Pd. 2). Yusi Asnidar, S.Pd, M.Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 Apr 2022 06:32
Last Modified: 26 Apr 2022 06:32
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28231

Actions (login required)

View Item View Item