PENGARUH FREKUENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU I PADA MAHASISWA TAHUN I JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

SITI NURHASANAH, . (2015) PENGARUH FREKUENSI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR NAHWU I PADA MAHASISWA TAHUN I JURUSAN BAHASA DAN SASTRA ARAB FAKULTAS BAHASA DAN SENI UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Siti Nurhasanah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh frekuensi belajar terhadap hasil belajar Nahwu I pada mahasiswa tahun I di Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Jurusan Bahasa dan sastra Arab di Universitas Negeri Jakarta. Adapun sampelnya adalah mahasiswa tahun I sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar Nahwu I adalah tes yang berjumlah 30 soal pertanyaan, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengetahui frekuensi belajar adalah angket yang berjumlah 30 pertanyaan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi dan korelasi. Sebelum itu, dilakukan uji persyaratan analisis yang mencakup Uji Normalitas dengan hasil variabel X di dapat L0hitung = 0,076 dan variabel Y di dapat L0hitung = 0,067 dengan n = 30 dan taraf ά = 0,05 dari didapat Ltabel = 0,161 yang L0 < Ltabel maka hipotesis nol ditolak dan berdistribusi normal, Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang homogen karena χ2 hit = 16, 84 sedangkan χ2 tabel = 19,68, dan Uji Linearitas dinyatakan regresi linear karena Fhitung 39,476 < Ftabel 7,64, dan regresi dinyatakan signifikan karena Fhitung 1,456 > Ftabel 2,65. Berdasarkan hasil pengujian, diperoleh persamaan regresi Ŷ = -1,170 + 0,671X, dan koefisien korelasi sebesar 0,765, kemudian thitung yang didapat dengan menggunakan uji-t sebesar 6,29, lebih besar dari ttabel yaitu 2,47 dengan demikian terhadap hubungan yang signifikan antara frekuensi belajar dan hasil belajar Nahwu I.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Aceng Rahmat, M.Pd. ; 2). Ahmad Murodi, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 12 May 2022 03:58
Last Modified: 12 May 2022 03:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28240

Actions (login required)

View Item View Item