PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI YAYASAN PUSAT STUDI ISLAM AL - MANAR – JAKARTA TIMUR

RAHMAWATI JULINTAN, . (2017) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI YAYASAN PUSAT STUDI ISLAM AL - MANAR – JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI RAHMAWATI JULINTAN 2715132897.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui ProsesPembelajaran di Yayasan Pusat Studi Islam ALMANAR – Jakarta Timur. Penelitian ini menggunakan metode Etnografi Realis dengan teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Yayasan Pusat Studi Islam ALMANAR – Jakarta Timur, Pada bulan Maret sampai Juni 2017. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran bahasa Arab di Yayasan Pusat Studi Islam ALMANAR – Jakarta Timur berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi kurikulum, tujuan, sumber atau bahan ajar, metode, media evaluasi, dan kegiatan pembelajaran, tetapi Peneliti masih menemukan kelebihan dan kekurangan di Yayasan pusat studi Al –Manar Jakarta Timur. Kegiatan Pembelajaran Bahasa Arab dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : pembukaan, kegiatan inti, dan penutup. Kurikulum di Al manar tidak mempunyai kurikulum tertentu, tetapi dia mempunyai sistem tersendiri dalam melakasanakan pembelajaran bahasa Arab. Kurikulum di buat oleh bagian akademik dan masih berbentuk sederhana. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di yayasan pusat studi islam Al manar terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu : tujuan umum dan tujuan khusus. Dan di lembaga Al manar tujuan pembelajaran terbagi lagi menjadi program intensif pagi, yang terdiri dari : tujuan program intensif pagi untuk level satu, tujuan program intensif untuk level dua, tujuan program intensif untuk level tiga, dan tujuan program intensif untuk level empat. Pendekatan pembelajaran yang digunakan di yayasan pusat studi Al Manar adalah pendekatan fungsional dan struktural. Metode yang digunakan di yayasan pusat studi Al Manar adalah metode “ qowaid” dan tarjamah, metode langsung, metode ceramah dan diskusi, dan metode campuran. Media yang digunakan di yayasan pusat studi islam Al Manar adalah media yang bermacam- macam, yaitu media audi, dan media visual, dan media pembelajaran bahasa Arab yang digunakan oleh guru adalah buku paket, papan tulis, radio ( rekaman audio), dan labolatorium bahasa. Sumber dan bahan ajar pembelajaran di yayasan pusat studi Al manar adalah buku “ Arabiyah bayna yadaik”, “ buku “ durusul lughoh”, Al-qur’an, buku “ silsilah. Evaluasi pembelajaran di yayasan pusat studi Al Manar dibagi menjadi : Ujian Penempatan, Ujian Tengah Semester, dan Ujian Akhir. This study aims to Know the Learning Process at “Al- Manar Islamic Center – East Jakarta”. This research uses Realistic Ethnography method with data collection technique through field observation, interview and documentation. This research was conducted at Al- Manar Islamic Center – East Jakarta, from March to June 2017. The results of this study indicate that the learning of Arabic Al- Manar Islamic Center – East Jakarta run well and positive, Both in terms of curriculum, objectives, sources or teaching materials, methods, media evaluation, and learning activities. But Researchers still find advantages and disadvantages in the Foundation center of Al-Manan East Jakarta. Arabic Learning Activities are divided into three parts, namely: opening, core activities, and cover. The curriculum in Al Manar does not have a particular curriculum, But he has his own system in implementing Arabic learning. The curriculum is created by the academic section and is still simple form. The learning objectives of Arabic at Al- Manar Islamic Center – East Jakarta are divided into several parts, namely: general purpose and special purpose. And in Foundation Center for Islamic Studies ALMANAR the learning objectives are divided again into an intensive morning program, consisting of: the intensive intensive morning program objectives for level one, the intensive program objectives for level two, the intensive program objectives for level three, and the intensive program objectives for level four. The learning approach used in the Al Manar study center foundation is a functional and structural approach. The methods used in the Al- Manar Islamic Center – East Jakarta are "qowaid" and tajjamah methods, direct methods, lecture and discussion methods, and mixed methods. The media used Al- Manar Islamic Center – East Jakarta is a variety of media, audi media, and visual media, and Arabic learning media used by teachers are package books, blackboards, radio (audio recording), and language labolatorium . Learning resources and materials at the Al- Manar Islamic Center – East Jakarta foundation are the book "Arabiyah bayna yadaik", "book" durusul lughoh ", Al-qur'an, the book" pedigree. The evaluation of learning at the Al- Manar Islamic Center – East Jakarta is divided into: Placement Exam, Mid Semester Exam, and Final Exam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. 2). Dr. Nuruddin, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Apr 2022 02:25
Last Modified: 27 Apr 2022 02:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28293

Actions (login required)

View Item View Item