PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA DAAR EL QOLAM  TANGERANG (STUDI ETNOGRAFI)

PUTRI WARDATUL MAHMUDAH, . (2017) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA DAAR EL QOLAM  TANGERANG (STUDI ETNOGRAFI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Putri Wardatul Mahmudah (2715130693).pdf

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas tentang Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Daar El Qolam  Tangerang. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dengan tehnik pengumpulan data melalui observasi lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Daar El Qolam  Tangerang dan dilaksanakan pada siswa kelas   dan  semester genap / Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Daar El Qolam  Tangerang berjalan dengan baik dan positif, baik dari segi tujuan pembelajaran bahasa Arab, metode pembelajaran bahasa Arab, Materi pembelajaran bahasa Arab, Maupun kegiatan evaluasi pembelajaran. Meskipun demikian, pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Daar El Qolam  Tangerang tidak luput dari kendala-kendala seperti kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran bahasa Arab dan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab, kurangnya media dalam pembelajaran bahasa Arab. Kurangnya Lab Bahasa untuk memperbaiki kemampuan siswa dalam Bahasa Arab dan meningkatkan keterampilan bahasa siswa. Tujuan pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Daar El Qolam  Tangerang ini adalah untuk memahami islam secara mendalam dan untuk memahami Al-Quran dan hadist, serta menanamkan empat keterampilan berbahasa dan mengembalikan kepada fungsi bahasa tersebut berdasarkan adanya asumsi bahwa berbahasa adalah alat untuk berkomunikasi, yang mana digunakan untuk menyampaikan pesan dari seseorang kepada orang lain, dari pembicaraan kepada pendengaran, dari penulis kepada pembaca. Metode yang digunakan dalam pembelajaran yaitu metode mengapresiasikan kembali, metode diskusi, metode langsung, metode audiovisual, metode terjemah, metode penugasan, metode Tanya jawab, dan metode campuran. Adapun materi bersumber dari buku "Qiroatur Rasyidah" karangan Abul Hasan Ali Hasani Nadwi Buku ini merupakan buku wajib dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Daar El Qolam  Tangerang Sedangkan sistem evaluasi pembelajaran bahasa arab yang diadakan guru di Madrasah Aliyah Daar El Qolam  Tangerang pada materi percakapan guru menggunakan uji lisan dan tulisan, dan pada materi membaca guru menggunakan uji tulis dan lisan, dan materi mendengar guru menggunakan uji tulis, dan materi menulis guru menggunakan tes ejaan, tes menyusun kalimat, dan menghubungkan kalimat-kalimat. Dan Implikasi dari penelitian ini adalah sebagai masukan bagi seluruh pengajar Bahasa Arab, khususnya bagi mereka yang mengajar pada tingkat sekolah menengah, agar menerapkan metode atau sistem pembelajaran yang baik dan sesuai dengan tingkat perkembangan siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin, M.A. 2). Drs. Romdani, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 27 Apr 2022 03:39
Last Modified: 27 Apr 2022 03:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28320

Actions (login required)

View Item View Item