MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA TENTANG KISAH NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM

AULIA USWATUN HASANAH, . (2015) MENINGKATKAN KEMAMPUAN EMOSI ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERCERITA DENGAN MEDIA TENTANG KISAH NABI MUHAMMAD SHALLALLAHU ‘ALAIHI WASALLAM. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (716kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (0B)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (539kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (259kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (135kB)
[img] Text
HALAMAN JUDUL.pdf

Download (134kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (64kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan emosi anak usia 5-6 tahun melalui kegiatan bercerita dengan media di RA Masjid Darussalam, Jakarta Pusat. Penelitian dilaksanakan pada bulan Mei – Juni 2015. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tindakan kelas yang dilaksanakan melalui dua Siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah 8 anak kelas B yang kemampuan emosinya belum berkembang. Analisis data diperoleh dari hasil perbandingan antara kemampuan emosi sebelum dan setelah pelaksanaan kegiatan bercerita kisah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam. Data pra penelitian, kemampuan emosi anak adalah sebesar 38,51 % , di akhir siklus I kemampuan emosi anak meningkat menjadi 71%, dan di akhir siklus II meningkat menjadi 83,3 %. Data tersebut membuat hipotesis tindakan yang menyatakan bahwa kegiatan bercerita dengan media tentang kisah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dapat meningkatkan kemampuan emosi anak usia 5-6 tahun di RA Masjid Darussalam dengan demikian dapat diterima. Hasil analisis data kualitatif menunjukkan bahwa melalui kegiatan bercerita kisah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam anak mampu meningkatkan kemampuan emosi dalam hal mengenali emosi diri sendiri, mengelola emosi, mengenali emosi orang lain, dan membina hubungan. Implikasi dalam penelitian ini dapat diketahui bahwa kegiatan bercerita dengan media tentang kisah Nabi Muhammad Shallallahu ‘Alaihi Wasallam dapat diterapkan oleh guru di Raudhatul Athfal maupun taman kanak-kanak sebagai alternative dalam meningkatkan kemampuan emosi anak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Ade Dwi Utami, M.Pd ; 2). Dr. Nurjannah, SP, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan > Pendidikan Anak
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 03:34
Last Modified: 17 May 2022 03:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28383

Actions (login required)

View Item View Item