Pengaruh Media Pembelajaran Gambar Bermakna Kalimat Terhadap Pemahaman Membaca Siswa SMA Muhammadiyah 4 Jakarta

SYIFA FAUZIAH ANGGRAENI, . (2015) Pengaruh Media Pembelajaran Gambar Bermakna Kalimat Terhadap Pemahaman Membaca Siswa SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Syifa Fauziah Anggraeni_2715111069_JBSA_FBS.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 4 Jakarta, pada tahun ajaran 2014-2015, yang dimulai dari bulan Maret sampai dengan bulan Juni 2015 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran gambar bermakna kalimat terhadap pemahaman membaca siswa SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Eksperimen semu. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 4 Jakarta dan Sampelnya adalah siswa kelas XI sebanyak 60 siswa terdiri dari 30 siswa untuk kelas Eksperimen dan 30 siswa untuk kelas Kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji Normalitas dan uji Homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji Normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji Normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo = 0,1328 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo = 0,1531 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,161 (n = 30, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,161 (n = 30, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian Homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan Homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung < χ²tabel atau 0,69 < 3,841 artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji Hipotesis, didapatkan thitung = 4,16. Dengan dk 58 dan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 4,16 > ttabel = 1,671 jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh positif pada media pembelajaran gambar bermakna kalimat terhadap pemahaman membaca siswa SMA Muhammadiyah 4 Jakarta. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan media pembelajaran gambar bermakna kalimat lebih tinggi hasil belajar pemahaman membacanya dibandingkan dengan siswa yang diajarkan dengan tidak menggunakan media pembelajaran. Siswa juga lebih menyukai untuk belajar dengan menggunakan media pembelajaran gambar bermakna kalimat, karena media ini dapat meningkatkan pembelajaran mereka dalam pemahaman bacaan. Guru disarankan menggunakan dan membuat media pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran pemahaman membaca Bahasa Arab.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Shafruddin Tadjuddin, M. A. ; 2). Syamsi Setiadi, M. Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 06:16
Last Modified: 17 May 2022 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28399

Actions (login required)

View Item View Item