PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi kasus mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di program studi teknik kendaraan ringan kelas X SMK Negeri 39 Jakarta)

SENDI, . (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Studi kasus mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di program studi teknik kendaraan ringan kelas X SMK Negeri 39 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. Kata Pengantar.pdf

Download (156kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (94kB)
[img] Text
1. Cover.pdf

Download (91kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (153kB)
[img] Text
8. Bab I.pdf

Download (190kB)
[img] Text
9. Bab II.pdf

Download (213kB)
[img] Text
10. Bab III.pdf

Download (352kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (88kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI FIX.pdf

Download (84kB)
[img] Text
HALAMAN PENGESAHAN Fix.pdf

Download (48kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap hasil belajar siswa (Studi kasus mata pelajaran pekerjaan dasar teknik otomotif di program studi teknik kendaraan ringan kelas X SMK Negeri 39 Jakarta). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 39 Jakarta pada bulan Januari – Februari 2015. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas TKR-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas TKR-2 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 30 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen. Hasil perhitungan rata-rata hasil belajar pada kelas eksperimen sebesar 76,9. Rata-rata hasil belajar pada kelas kontrol adalah sebesar 71,2. Hasil pengujian normalitas data dengan uji Chi-Kuadrat diperoleh data kedua kelompok berdistribusi normal. Hasil pengujian homogenitas dengan uji F diperoleh data bahwa kedua kelompok adalah homogen. Uji hipotesis dengan uji-t dengan taraf signifikan α = 0,05. Dari hasil pengujian diperoleh nilai thitung= 1,95 dan ttabel= 1,67. Dapat dilihat bahwa thitung > ttabel, maka diperoleh kesimpulan bahwa penggunaan model pembelajaran Learnng Cycle 5E berpengaruh terhadap hasil belajar siswa SMK.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hj. Zulfiati, M.Pd ; 2). Drs. H. Syamsuir, MT
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 17 May 2022 06:33
Last Modified: 17 May 2022 06:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28406

Actions (login required)

View Item View Item