UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PRAKTIK KOMPETENSI PERAWATAN SISTEM TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI SMKT 10 NOPEMBER

SUGIARTI, . (2015) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PADA PRAKTIK KOMPETENSI PERAWATAN SISTEM TRANSMISI MANUAL SISWA KELAS XI MENGGUNAKAN MODEL QUANTUM LEARNING DI SMKT 10 NOPEMBER. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI-SUGIARTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan dapat memberi masukan bagi guru dalam memilih model pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada materi perawatan sistim transmisi manual. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ) dengan menerapkan model Quantum Learning kompetensi praktik sistem transmisi manual. Penelitian ini dilakukan dengan cara melihat cara peserta didik melakukan kegiatan praktik dengan menggunakan jobsheet dan peserta didik yang mendapat nilai rendah diberikan kesempatan untuk menjadi ketua dalam kelompoknya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode quantum learning dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK Teknik 10 Nopember dapat meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Memelihara Transmisi Manual. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil belajar siswa yang pada siklus I terdapat 11 siswa atau 33,33% yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal ( KKM ), sedangkan pada siklus II lebih dari 75% yaitu 3 siswa atau 9,09% mendapat nilai dibawah 75 dan 30 siswa atau 90,91% mendapat nilai diatas 75.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Hj. Zulfiati, M.Pd. ; 2). Drs. Sugeng Priyanto, M.Sc
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 18 May 2022 06:28
Last Modified: 18 May 2022 06:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28427

Actions (login required)

View Item View Item