PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR

BELINDA DEWI MAWARNI, . (2015) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 LEMBAR JUDUL.pdf

Download (17kB)
[img] Text
4 LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (136kB)
[img] Text
3 LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (128kB)
[img] Text
5 LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (133kB)
[img] Text
9 BAB II.pdf

Download (363kB)
[img] Text
10 BAB III.pdf

Download (384kB)
[img] Text
8 BAB I.pdf

Download (0B)
[img] Text
6 LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (88kB)
[img] Text
13 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (188kB)
[img] Text
11 BAB IV.pdf

Download (325kB)
[img] Text
12 BAB V.pdf

Download (91kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kepercayaan diri siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran Ekspositori. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen (kuantitatif). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa sekolah dasar di Kelurahan Pulogebang, Kecamatan Cakung, Jakarta Timur. Penentu sampel dengan menggunakan cluster random sampling.Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, yaitu posttest only control group design. Validasi yang digunakan adalah Pearson Product Moment yang menunjukkan instrumen tersebut valid. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach yang menunjukkan nilai r = 0,822 yang berarti sangat tinggi. Teknik analisi data menggunakan Uji-t (t-student).Berdasarkan hasil pengolahan data akhir (posttest) diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 84,03 dan ratarata kelas kontrol sebesar 78,4. Hasil uji hipotesis uji t menunjukan bahwa dengan taraf signifikan 5% (0,05) dan derajat kebebasan (db) thitung 3,6 > ttabel 1,67 ini berarti hipotesis uji-t adalah Ho ditolak dan Hi diterima This study aims to determine differences in the confidence of students in the experimental class that uses a learning model Problem Based Learning and grade control using Expository learning model. This study is an experimental research (quantitative). The population in this study are primary school students in the Pulogebang’s Village, Cakung’s District, East Jakarta. Determinants sample using random cluster sampling. Data collection technique using the questionnaire, namely posttest only control group design. Validation is used Pearson Product Moment that indicates the instrument is valid. Reliability test using Cronbach Alpha which shows the value of r = 0.822 which means very high. Data analysis technique using t-test (t-student). Based on data processing end (posttest) obtained an average value of 84.03 experimental class and the average grade of 78.4 control. Hypothesis test results show that the t test with significance level of 5% (0.05) and degrees of freedom (db) tcount 3.6 > 1.67 ttable this means t-test hypothesis is Ho rejected and Hi accepted.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Siti Rohmi, M. Pd ; 2). Dra. Sri Sugiarti, M. Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 02:22
Last Modified: 19 May 2022 02:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28446

Actions (login required)

View Item View Item