PENGEMBANGAN MEDIA CATUR JAWA PADA POKOK BAHASAN KARBOHIDRAT DI SMKN 33 JAKARTA KELAS X

UMMY SARI UTAMI, . (2015) PENGEMBANGAN MEDIA CATUR JAWA PADA POKOK BAHASAN KARBOHIDRAT DI SMKN 33 JAKARTA KELAS X. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI revisian.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media catur jawa pada pokok bahasan karbohidrat yang dapat dipelajari dan digunakan oleh siswa kelas X. Peneilitian ini dilakukan di SMKN 33 Jakarta Kelapa Gading, Jakarta Utara. Penelitian ini dilakukan mulai bulan Januari – Juli 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan ASSURE (analyze learner caharcteristic, state objective, select method and learning materials, utilize materials, requires learner participation, evaluate and revise). Uji coba dilakukan terhadap siswa SMKN 33 Jakarta kelas X . Pengumpulan data dengan membagikan kusioner berupa instrumen penilaian media catur jawa. Instrumen mengacu kepada instrument penelitian dari Pusat Teknologi dan Komunikasi (PUSTEKOM). Hasil penilaian media catur jawa yang ditinjau dari indikator desain pembelajaran, bahasa dan komunikasi, pemanfaatan media, penyajian oleh ahli media adalah sangat baik dengan nilai 4,45 dan ditinjau dari indicator desain pembelajaran, isi materi, bahasa dan komunikasi, pemanfaatan media, dan penyajian oleh ahli materi adalah baik dengan nilai 4,15. Hasil uji perorangan yang ditinjau dari indikator desain pembelajaran, isi materi, bahasa dan komunikasi, pemanfaatan media, dan penyajian oleh 1 pasang peserta didik adalah sangat baik dengan nilai 4,61. Uji terbatas dilakukan terhadap 3 pasang peserta didik pengguna media catur jawa dan diperoleh hasil 4,14. Uji coba lapangan yang dilakukan oleh 15 pasang siswa pengguna catur jawa diperoleh hasil baik dengan nilai 4,25. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa media catur jawa pada pokok bahasan karbohidrat adalah baik dan dapat menumbuhkan proses pembelajaran yang menyenangkan untuk siswa *The research purpose to develop a media catur jawa on karbohidrat subject that can be learned by the student grade X. The located of the research at SMKN 33 Kelapa Gading, Jakarta Utara. The research start from January – July 2015.. The method used is the method ASSURE development (analyze learner caharcteristic, state objective, select method and learning materials, utilize materials, requires learner participation, evaluate and revise). Research tried out students of the grade X in state vocational high school 33 Jakarta. The collection of data by distributing kusioner in the form assessment intstrumen media catur jawa. Instrument was taken from research of instrument by Pusat Teknologi dan Komunikasi (PUSTEKOM). The results showed that the media catur jawa in term from indicator learning design, language and communication, use of media, and presentation by media experts is very good with the score of 4,45 and reviewed by experts in term of from indicator learning design, material, language and communication, use of media, presentation and evaluation is good with the score of 4,15. The result of one to one evaluation term of from indicator learning design, material, language and communication, use of media, and presentation is very good with the score of 4,61. The result of small group experts to three couple student is good with the score 4,14. The result of the field test with fithteen couple students is good with score 4,25The conclusion of this study indicate that on media catur jawa on karbohidrat subjectis good and get fun learning process for student.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Ari Istiany ; 2). Annis Kandriasari, M.Pd
Subjects: Tata Rias > Tata Boga
Divisions: FT > S1 Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 02:30
Last Modified: 19 May 2022 02:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28449

Actions (login required)

View Item View Item