PENGARUH PENAMBAHAN KIPAS PADA INTAKE MANIFOLD TERHADAP PRESTASI MESIN KONVENSIONAL SEPEDA MOTOR 4 TAK

YUGO ARGO HARTOPO, . (2015) PENGARUH PENAMBAHAN KIPAS PADA INTAKE MANIFOLD TERHADAP PRESTASI MESIN KONVENSIONAL SEPEDA MOTOR 4 TAK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
DAFTAR GAMBAR hal xv - xvi.pdf

Download (8kB)
[img] Text
DAFTAR GAMBAR.pdf

Download (16kB)
[img] Text
DAFTAR ISI hal. x - xi.pdf

Download (7kB)
[img] Text
abstrak.pdf

Download (73kB)
[img] Text
cover skripsi.pdf

Download (10kB)
[img] Text
halaman judul.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR TABEL.pdf

Download (6kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (13kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (8kB)
[img] Text
HALAMAN PERNYATAAN.pdf

Download (5kB)
[img] Text
LAMPIRAN 1 - 5 TABEL HASIL PENGUJIAN (REVISI 2).pdf

Download (179kB)
[img] Text
LAMPIRAN 6-20 TABEL HASIL PENGUJIAN.pdf

Download (9MB)
[img] Text
Lampiran 21.pdf

Download (1MB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (10kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAPORAN BAB 1-5 NAIK SIDANG.pdf

Download (14MB)

Abstract

Semakin meningkatnya pengguna sepeda motor khususnya sepeda motor mesin konvensional yang menggunakan karburator memberikan dampak berupa polusi udara dari hasil gas buang knalpot. Untuk memperbaiki hasil pembakaran maka sebelum terjadi reaksi pembakaran di dalam mesin, campuran bahan bakar dan udara harus dibuat beraliran turbulensi yakni sebelum masuk melewati katup masuk. Aliran turbulensi dapat dibuat dengan cara menambahkan sebuah kipas yang bertujuan memberikan pengaruh aliran udara menjadi turbulensi sekaligus dari penambahan kipas tersebut dapat diketahui variasi kipas berdasarkan jumlah sudu yang dipasangkan pada intake manifold mana yang lebih baik terhadap prestasi mesin yang dihasilkan. Dalam pengujian ini dalam mendapatkan data Daya dan Torsi dilakukan dengan menggunakan dinamometer sasis. Metode yang digunakan adalah menambahkan kipas yang diletakkan antara sambungan karburator dan intake manifold dengan ditambahkan dudukan sebagai tempat kipas. Penambahan kipas dilakukan dengan memvariasikan jumlah sudu kipas, yaitu 2 sudu, 5 sudu dan 12 sudu. Pengambilan data dilakukan dengan kondisi standar tanpa pemasangan kipas dan dengan pemasangan kipas yang dilakukan sebanyak 3 kali pengujian untuk mendapatkan data yang akurat. Apabila reaksi pembakaran di dalam mesin menjadi baik dari biasanya, maka akan berpengaruh terhadap prestasi mesin lainnya juga, seperti daya, torsi, dan konsumsi bahan bakar. Hasil pengujian menunjukkan tiap pemasangan kipas memilki hasil yang berbeda-beda. Tetapi hasil yang paling signifikan diperoleh dari pemasangan kipas 2 sudu yang banyak memberikan pengaruh baik terhadap beberapa prestasi mesin yang dibahas, seperti dapat meningkatkan torsi sebesar 0,09 N.m, meningkatkan kadar gas CO2 pada RPM 3000-5000, meningkatkan kadar gas O2 pada RPM 1500-5000, menurunkan kadar gas HC pada RPM 2000-3000, 4000 dan 4500

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Riyadi, S.T., M.T. , 2). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 06:17
Last Modified: 19 May 2022 06:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28459

Actions (login required)

View Item View Item