PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X HR I SMK PARAMITHA I JAKARTA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING

MELINDA YULIA PUTRI, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA PADA SISWA KELAS X HR I SMK PARAMITHA I JAKARTA MELALUI MODEL QUANTUM TEACHING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (219kB)
[img] Text
PTK-Melinda.pdf

Download (1MB)
[img] Text
CV MELINDA YULIA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (240kB)

Abstract

Penelitian kaji tindak ini berjudul peningkatan kemampuan berbicara dalam bahasa Prancis pada siswa kelas X HR 1 SMK Paramitha 1 Jakarta melalui Model Quantum Teaching ditujukan sebagai sebagai salah satu syarat kelulusan di Jurusan Pendidikan Bahasa Prancis, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas X HR 1 SMK Paramitha 1 Jakarta melalui Model Quantum Teaching. Quantum teaching adalah orkestrasi berbagai interaksi yang ada di dalam kelas dan di sekitar momen belajar. Interaksi-interaksi ini mencakup unsur-unsur untuk belajar efektif yang mempengaruhi kesuksesan siswa. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus dan pada setiap siklus dilakukan 2 tindakan. PTK ini diawali dengan observasi pembelajaran di kelas dan pemberian pretest kepada siswa. Pada siklus I PTK ini, kegiatan belajar mengajar berjalan sesuai dengan perencanaan. Namun masih banyak ditemukan kekurangan dalam siklus 1, diantaranya adalah kondisi siswa yang tidak responsif dan tidak serius selama proses pembelajaran. Hasil rata-rata nilai tes berbicara pada akhir siklus I yang diperoleh siswa adalah 70,139. Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar pada siklus II berjalan lebih baik, siswa terlihat lebih serius dalam mengikuti pembelajaran pada siklus ini. Hal ini ditandai dengan respon siswa yang lebih aktif dalam menjawab pertanyaan guru dan siswa lebih berani dalam mengungkapkan pendapatnya, peningkatan dalam pembelajaran berbicara ini juga diperlihatkan dengan hasil nilai tes berbicara yang diberikan guru pada akhir akhir siklus II. Tes tersebut berupa tes dialog untuk bertanya letak benda dan rata-rata nilai yang diperoleh siswa adalah 79,861. Berdasarkan hasil kedua post tes yang dilakukan dalam dua siklus, dapat disimpulkan bahwa kemampuan berbicara siswa dalam bahasa prancis dapat ditingkatkan dengan menggunakan model quantum teaching.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Sulandri Nuryadin, M. Pd. ; 2). Ratna, S. Pd, M. Hum.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 04:00
Last Modified: 20 May 2022 04:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28490

Actions (login required)

View Item View Item