PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI JURUSAN PERHOTELAN SMK ANGKASA 2 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE (SEBUAH PENELITIAN KAJI TINDAK)

MELLY AVIANI, . (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA PRANCIS SISWA KELAS XI JURUSAN PERHOTELAN SMK ANGKASA 2 MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PICTURE AND PICTURE (SEBUAH PENELITIAN KAJI TINDAK). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_MellyAviani_BahasaPrancis-dikompresi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Prancis siswa melalui penerapan pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Penelitian ini berlangsung dari bulan September s.d November 2014 di kelas XI Akomodasi Perhotelan 1 SMK Angkasa 2, Halim. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus penelitian, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pada tahap awal dilakukan kegiatan observasi untuk mengetahui masalah dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi ditemukan berbagai permasalahan, diantaranya hasil belajar siswa rendah, ketertarikan siswa terhadap pelajaran bahasa Prancis rendah, serta kurangnya media pembelajaran. Selain observasi, pada tahap awal ini siswa juga diberikan tes untuk mengetahui kemampuan awal siswa. Nilai rata-rata kelas pada pre-test ini adalah 58,5. Pada siklus I diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture. Model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture adalah suatu model pembelajaran yang menggunakan media gambar (foto) dan dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang logis. Di akhir siklus I, siswa diberikan post test I. Nilai rata-rata kelas pada post test I adalah 74,1. Pelaksanaan siklus II didasarkan pada kekurangan yang ditemukan pada siklus I. Kemudian di akhir siklus II, siswa diberikan post test II. Nilai rata-rata kelas pada post test II adalah 84,1. Berdasarkan hasil peningkatan nilai rata-rata kelas pada pre-test, post test I, dan post test II, dapat disimpulkan bahwa penggunaaan model pembelajaran kooperatif tipe Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Prancis siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yusi Asnidar, S.Pd,M.Hum. ; 2). Dr. Sri Harini Ekowati, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Perancis
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Perancis
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 03:38
Last Modified: 20 May 2022 03:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28495

Actions (login required)

View Item View Item