MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN

DARMAWATI ODE, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION DI KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIABUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (540kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (947kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (93kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (401kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] Text
(3-4) ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
(2) SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (52kB)
[img] Text
(1) LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIAN SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (61kB)
[img] Text
(5-6) KATA PENGANTAR.pdf

Download (124kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (25kB)
[img] Text
(7-14) DAFTAR ISI.pdf

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (15kB)

Abstract

Penelitian ini berupa: Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi melalui pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi yang berlokasi di Jalan Sawahlunto, Kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan. Penelitian dilakukan mulai bulan Januari sampai bulan April 2015 pada semester 2 tahun ajaran 2014/2015. Hasil penelitian ini menunjukkan data yang diperoleh dari proses pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar IPA siswa dengan penerapan Kooperatif Tipe Group Investigation mengalami peningkatan. Pada siklus I hasil instrumen pemantau tindakan guru dan siswa yang diperoleh sebesar 74,00%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 95,65%. Peningkatan persentase tersebut sebesar 21,65%. Adapun persentase hasil belajar pada siklus I sebesar 62,86% dan pada siklus II meningkat menjadi 88,57%. Penigkatan persentase hasil belajar yang diperoleh sebesar 25,71%. Dengan demikian pembelajaran IPA melalui Kooperatif Tipe Group Investigation dapatmeningkatkan hasil belajar IPA siswa tentang gaya magnet. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan Kooperatif Tipe Group Investigation dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi, Setiabudi Jakarta Selatan. *This study include: Class Action Research that aims to improve learning outcomes natural science fifth grade students SDN Pasar Manggis 03 Pagi through Cooperative Learning type Group Investigation. Research carried out in fifth grade SDN Pasar Manggis 03 Pagi located at road sawahlunto, Setiabudi District, South Jakarta. The research was conducted from January to April 2015 in the 2nd half of the school year 2014/2015. The result shows the data obtained from the learning process in improving student learning outcomes natural science with the application of Type Cooperative Group Investigation has increased. In the first cycle monitoring instrument measures the results of teachers and students who obtained 80%, while in the second cycle increased to 95%. An increase in the percentage of 26%. The percentage of learning outcomes in the first cycle of 62.86% and the second cycle increased to 88.57%. Increased percentage of learning outcomes obtained by 25.71%. Thus natural science learning through Cooperative Group Type Investigation can improve students' learning outcomes natural science magnetic force. From these data it can be concluded that the application of the Cooperative Group Type of Investigation in natural science teaching can improve learning outcomes fifth grade science students of SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi, South Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. A. R. Supriatna, M. Pd ; 2). Drs. Sutrisno, M.Si
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 07:05
Last Modified: 20 May 2022 07:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28529

Actions (login required)

View Item View Item