PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA MATERI KOLOID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK

ISNANIA POETRY OCTAVIANI, . (2015) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERWAWASAN LINGKUNGAN PADA MATERI KOLOID DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB IV.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (54kB)
[img] Text
Abstrak-Daftar Lampiran.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (237kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (39kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berwawasan lingkungan pada materi koloid dengan pendekatan saintifik serta mengetahui keefektifannya dalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan pada bulan November 2014 hingga bulan Mei 2015 di SMAN 23 Jakarta, SMAN 107 Jakarta, SMAN 51 Jakarta, SMAN 9 Tangerang Selatan, dan SMA Bunda Hati Kudus Jakarta. Metodologi yang digunakan adalah metode Research and Development yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini dilaksanakan dengan mengikuti 3 tahap utama, yaitu analisis kebutuhan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji efektivitas produk. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, kuesioner, dan observasi dalam pengumpulan datanya. Berdasarkan analisis kebutuhan yang dilakukan, didapatkan data bahwa bahan ajar yang sesuai dengan tuntutan Kurikulum 2013 yang saat ini berlaku dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik belum tersedia. Pengembangan produk dilakukan dengan 3 tahapan, yaitu tahap perencanaan, tahap penyusunan, dan tahap evaluasi formatif. Hasil yang diperoleh adalah bahan ajar berupa modul dan video pembelajaran berwawasan lingkungan pada materi koloid dengan pendekatan saintifik yang telah diuji keefektifannya. Penelitian ini menyimpulkan bahwa produk bahan ajar yang dikembangkan dapat dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas kelas XI semester genap dan penggunaan produk pembelajaran ini dapat meningkatkan keefektifan proses pembelajaran. This research aims to produce environmental-based instructional materials in colloid topic using scientific approach and find its effectiveness in the learning process. The research was conducted in November 2014 to May 2015 at SMAN 23 Jakarta, SMAN 107 Jakarta, SMAN 51 Jakarta, SMAN 9 Tangerang Selatan, and SMA Bunda Hati Kudus Jakarta. The research uses Research and Development developed by Borg and Gall as the methodology. The research is conducted in three main stages, which are needs analysis, product development, and test of product effectiveness. Interview, questionnaire, and observation are used by researcher to collect the data. Based on the needs analysis, it is found that the instructional materials which are appropriate with the demands of 2013 curriculum and the students’ needs have not been provided. In developing the product, the researcher uses three stages: planning, arrangement, and formative evaluation. The results are the instructional materials which consist of module and video of environmental- based learning in colloid topic using scientific approach and have been tested for its effectiveness. The conclusions of the research are the instructional materials can be applied for eleventh grade of senior high school in the second semester and the use of the product will increase the effectiveness of learning process.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Agung Purwanto, M.Si. ; 2). Drs. Sukro Muhab, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 20 May 2022 07:26
Last Modified: 20 May 2022 07:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28547

Actions (login required)

View Item View Item