EFL Teachers’ Perception of Authentic Reading Assessment (A Study of Vocational Secondary Schools in Central Jakarta)

HERDIYANA NURCAHYANTI, . (2015) EFL Teachers’ Perception of Authentic Reading Assessment (A Study of Vocational Secondary Schools in Central Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAPTER 1.pdf

Download (206kB)
[img] Text
CHAPTER 2.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf

Download (333kB)
[img] Text
CHAPTER 3.pdf

Download (304kB)
[img] Text
CHAPTER 4.pdf

Download (410kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text
REFERENSI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (474kB)
[img] Text
CHAPTER 5.pdf

Download (196kB)

Abstract

Penilitian ini bertujuan untuk menyelidiki persepsi guru mata pelajaran Bahasa Inggris terhadap penilaian membaca otentik termasuk tujuan, kriteria, metode dan tekniknya. Untuk tujuan ini, 30 guru bahasa Inggris SMK dari 10 sekolah di wilayah Jakarta Pusat di pilih secara acak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif karena penilitian ini menggunakan data kualitatif. Dalam penelitian ini, angket yang berisikan 5 skala likert dan protokol wawancara digunakan untuk memperoleh data. Angket tersebut terdiri dari 14 pernyataan termasuk didalamnya terdapat tujuan (2 pernyataan), kriteria (4 pernyataan), metode (2 pernyataan) dan teknik (6 pernyataan) dari penilaian membaca yang otentik. Selain itu, angket dan protokol wawancara disusun dengan menggunakan Bahasa Indonesia untuk menghindari kesalahan penafsiran. Hasil dari penilitian ini menunjukan bahwa 78,35% guru yang terpilih untuk diteliti memahami konsep penilaian membaca yang otentik dengan baik seperti yang ada pada kajian pustaka yang telah ditetapkan. Namun, beberapa guru mengakui bahwa mereka memiliki kesulitan untuk memperaktikan konsep yang ada. Karena penelitian ini dianggap sebagai penelitian pendahuluan, penelitian lebih lanjut mengenai penilaian otentik akan lebih layak dilakukan untuk mendapatkan hasil survei yang lebih baik. This study aims to explore EFL teachers’ perception of authentic reading assessment in terms of its purposes, criteria, methods, and techniques. For this purpose, thirty Vocational Secondary School (VSS) EFL teachers from ten different schools in Central Jakarta area were randomly chosen. The method used of this study is descriptive qualitative since this study utilized qualitative data. In this study, a questionnaire comprising a five-likert type scales and interview protocol were employed to obtain the data. The questionnaire consisted of fourteen statements included the terms of purposes (2 statements), criteria (4 statements), methods (2 statements) and techniques (6 statement). Moreover, both questionnaire and interview protocol were designed by using Bahasa Indonesia to avoid misinterpretation. The result of this study showed that 78,35% of selected teachers perceive the concept of authentic reading assessment properly as in the literature review stated. However, some teachers admitted that they have adversity to practice the existing concept. Since this study is considered as preliminary research, further study in the authentic assessment area will be feasible to do to obtain better survey result

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sulastini, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 02:35
Last Modified: 23 May 2022 02:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28563

Actions (login required)

View Item View Item