MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Tipe Snowball Throwing di SLB Negeri 7 Jakarta)

DESI NILASARI, . (2015) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA PESERTA DIDIK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS II MENGGUNAKAN MODEL ACTIVE LEARNING (Penelitian Tindakan Kelas Menggunakan Tipe Snowball Throwing di SLB Negeri 7 Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3. Abstrak (indo).pdf

Download (163kB)
[img] Text
4. Abstrak (inggrs).pdf

Download (154kB)
[img] Text
5. Surat Pernyataan Keaslian Karya.pdf

Download (140kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (90kB)
[img] Text
2. halaman pengesahan SKRIPSI.pdf

Download (175kB)
[img] Text
8. Daftar Isi.pdf

Download (167kB)
[img] Text
7. kata pengantar.pdf

Download (103kB)
[img] Text
12. BAB I.pdf

Download (150kB)
[img] Text
13. BAB II.pdf

Download (263kB)
[img] Text
14. BAB III.pdf

Download (334kB)
[img] Text
15. BAB IV.pdf

Download (376kB)
[img] Text
16. BAB V.pdf

Download (134kB)
[img] Text
17. daftar pustaka.pdf

Download (143kB)
[img] Text
22. Riwayat Hidup.pdf

Download (123kB)
[img] Text
lembar pengesahan panitia sidang skripsi.pdf

Download (595kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada peserta didik tunagrahita ringan kelas II di SLB Negeri 7 Jakarta dengan menggunakan model active learning tipe snowball throwing yang dilaksanakan pada bulan Januari-Juni 2015. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan melalui dua siklus, siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik tunagrahita ringan kelas II SLB Negeri 7 Jakarta yang mempunyai masalah pada hasil belajar matematika sebanyak 4 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh data tentang hasil belajar matematika. Standar keberhasilan peserta didik dalam menguasai materi yaitu sebesar 60%. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar matematika penjumlahan. Peningkatan ini dilihat adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa model active learning tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika penjumlahan pada peserta didik tunagrahita ringan kelas II. *This study aims to improve mathematic learning outcomes for intellectual impairement class II at SLB Negeri 7 Jakarta throught the usage of model active learning type snowball throwing which held on January-June 2015. The methods used in this study is class action research through 2 cycles, the cycles consists of planning, action and observation, and reflection. The subject in this study are 4 intellectual impairement students class II at SLB Negeri 7 Jakarta which had problem in mathematic learning outcomes. The collecting data using written test, observation and documentation to gain data about mathematic learning outcomes. The improvement standarts in the ability to master the mathematic is 60%. This study result shows that there is improve in mathematic addition learning outcome. The improval is shown that there’s increase from cycle I and cycle II. The conclusion is that model active learning type snowball throwing can improve mathematic addition learning outcome for mild intellectual impairement student class II.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Etty Hasmayati, M.Pd ; 2). Drs. Nirsantono Hasnul, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 02:45
Last Modified: 23 May 2022 02:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28568

Actions (login required)

View Item View Item