PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DI KECAMATAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR

DESYANA DWI PRATIWI, . (2015) PENGARUH PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DI KECAMATAN KRAMAT JATI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (147kB)
[img] Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf

Download (135kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (536kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (126kB)
[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (26kB)
[img] Text
8. BAB I.pdf

Download (349kB)
[img] Text
9. BAB II.pdf

Download (338kB)
[img] Text
10. BAB III.pdf

Download (519kB)
[img] Text
6. LEMBAR DAFTAR ISI.pdf

Download (95kB)
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (145kB)
[img] Text
11. BAB IV.pdf

Download (283kB)
[img] Text
12. BAB V.pdf

Download (136kB)
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (89kB)

Abstract

Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan saintifik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas V SD di Kecamatan Kramat Jati Jakarta Timur sebanyak 60 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen, dengan desain pretest posttest control group design. Pengumpulan data dilakukan dengan tes essay dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=3,256 dan ttabel=1,67 pada dk= 58 dan taraf signifikansi 0,05 sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan saintifik berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD. Hasil ini menunjukkan bahwa pendekatan saitifik dapat dijadikan salah satu upaya dalam mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu merancang pendekatan dan metode yang bervariasi serta menggunakan media yang beragam dan sesuai dengan materi ajar untuk dapat mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas V SD. *This experiment was intended to find the effect of scientific approach on mathematics problem solving ability of 5 th grade students. The population of this experiment was 60 students at Subdistrict Kramat Jati East Jakarta. The technique of getting the sample was cluster random sampling. Data were collected throught essay test and analyzed by t-test. Based on the t-test calculation it’s known that value for tcount=3,256 and ttabel=1,67 on df= 58 dan degree of signification 0,05, therefore Ha accepted and H0 rejected. The results of the research showed that scientific approach give influenced on mathematics problem solving ability of 5 th grade students. The implication of the research showed that scientific approach can be used to develop mathematics problem solving ability of grade 5 students primary school. Thus, teachers have to design variative and suitable method and media with the subject to develop mathematics problem solving ability of 5th grade students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd ; 2). Drs. Endang Wahyudiana
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 03:52
Last Modified: 23 May 2022 03:52
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28594

Actions (login required)

View Item View Item