UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA SD KELAS III

EKA MULYATI, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKn MELALUI MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE MAKE A MATCH PADA SISWA SD KELAS III. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3 ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
4 ABSTRACT.pdf

Download (86kB)
[img] Text
1 COVER.pdf

Download (30kB)
[img] Text
7 KATA PENGANTAR.pdf

Download (147kB)
[img] Text
8 DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
15 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
14 BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
12 BAB I.pdf

Download (174kB)
[img] Text
13 BAB II.pdf

Download (322kB)
[img] Text
17 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text
18 DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
16 BAB V.pdf

Download (96kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn melalui model Cooperative Learning Tipe Make A Match terhadap siswa kelas III tentang bangga menjadi warga negara Indonesia. Subjek Peneltian ini adalah siswa kelas III SDN Babelan Kota 04 Bekasi yang berjumlah 35 siswa. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Adapun prosedur penelitiannya merupakan siklus yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan metode proses siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Pada siklus I dan siklus II masing-masing terdiri dari dua pertemuan pembelajaran. Dengan demikian selama penelitian telah dilaksanakan empat kali pertemuan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh data yaitu pada hasil pembelajaran siklus I dengan rata-rata nilai hasil belajar siswa sebesar 68,57% (24 siswa) yang mendapat nilai di atas KKM (60), sedangkan pada hasil pembelajaran siklus II dengan rata-rata nilai sebesar 82,85% (29 siswa) yang mendapat nilai di atas KKM (60). Dengan demikian, pelaksanaan model cooperative learning tipe make a match pada pembelajaran PKn tentang bangga menjadi warga negara Indonesia pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 04 Bekasi telah menunjukan hasil belajar yang diharapakan. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase nilai hasil belajar siswa dari siklus I terhadap siklus II yang semakin meningkat. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah bahwa model cooperative learning tipe make a match dapat dijadikan salah satu model yang digunakan untuk meningkatkan hasil belajar PKn pada siswa Sekolah Dasar Negeri Babelan Kota 04 Bekasi ******** This research aims to improve learning outcomes Civic Education through cooperative learning model of Make A Match Type of the third grade students are proud to be a citizen of Indonesia. This study is the subject of the third grade students of SDN 04 Bekasi City Babelan totaling 35 students. Class Action Research was conducted by using a model Kemmis and Mc. Taggart. The research procedure is a cycle that includes planning. action. observation. and reflection. This research was conducted by the method of process cycles, ie cycle I and cycle II. In the first cycle and second cycle. each consisting of two meetings of learning. Thus during the study has been conducted four learning sessions. The results showed that the data obtained is the first cycle of learning outcomes with an average value of student learning outcomes amounted to 68.57% (24 students) who scored in the top KKM (60), while in the second cycle of learning outcomes with an average value of 82, 85% (29 students) who scored above the KKM (60). Thus the implementation of cooperative learning model of the type of make a match on civics lesson about pride in being a citizen of Indonesia in the third-grade students of State Elementary School 04 Bekasi City Babelan have shown the expected learning outcomes. This can be seen from the percentage of the value of learning outcomes of students from the first cycle to the second cycle are increasing. The implication of this research is that the model of cooperative learning make a match types can be used as one of the models that are used to improve student learning outcomes Civic Education at State Elementary School 04 Babelan Bekasi City.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd. ; 2). Drs. Waluyo Hadi, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:26
Last Modified: 23 May 2022 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28599

Actions (login required)

View Item View Item