PERBANDINGAN KARAKTERISASI TOKOH DETEKTIF PADA NOVEL METROPOLIS KARANGAN WINDRY RAMADHINA DAN NOVEL THE CUCKOO’S CALLING KARANGAN ROBERTH GALBRAITH

INDRIANI TRI HAPSARI, . (2015) PERBANDINGAN KARAKTERISASI TOKOH DETEKTIF PADA NOVEL METROPOLIS KARANGAN WINDRY RAMADHINA DAN NOVEL THE CUCKOO’S CALLING KARANGAN ROBERTH GALBRAITH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. DAFTAR ISI.pdf

Download (288kB)
[img] Text
3. BAB 1-5.pdf

Download (864kB)
[img] Text
1. COVER.pdf

Download (97kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbandingan karakterisasi tokoh detektif pada novel Metropolis karangan Windry Ramadhina dan novel The Cuckoo’s Calling karangan Roberth Galbraith. Waktu penelitian ini dilakukan pada Januari 2015-Juni 2015. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan, menganalisis, dan mendeskripsikan data yang menunjukkan perbandingan karakterisasi tokoh detektif pada kedua objek. Fokus dari penelitian ini adalah perbandingan karakterisasi tokoh detektif pada kedua novel. Penelitian ini menggunakan analisis karakterisasi tokoh, yang terdapat dalam teori naratologi. Penelitian ini juga menggunakan kajian sastra bandingan untuk membandingkan hasil analisis karakterisasi tokoh detektif pada novel yang berasal dari dua negara berbeda, yaitu dari Indonesia dan Inggris. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ciri fisik, psikis, dan sosial dari kedua tokoh pada kedua novel, yaitu Agusta Bram dan Cormoran Strike, menggambarkan bahwa mereka adalah seorang detektif. Bram, digambarkan dengan ciri fisik yang tegap dan sigap. Strike, walaupun digambarkan dengan fisik yang tidak normal, hanya memiliki satu setengah kaki, dia bisa bergerak dengan cepat dan gesit. Ciri psikis Bram dan Strike, banyak memiliki persamaan seperti teliti, cerdas, dan mudah bersosialisasi. Di samping persamaan yang terdapat pada kedua tokoh, terdapat pula perbedaan ciri psikis, yaitu cara menyelesaikan masalah tokoh detektif tersebut. Bram menyelesaikan masalahnya dengan menembak mati pelaku pada kasus pembunuhan, sedangkan Strike memilih untuk menyerahkan pelaku pembunuhan kepada polisi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Irsyad Ridho, M.Hum. ; 2). Erfi Firmasnyah, M.A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Indonesia
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 05:36
Last Modified: 23 May 2022 05:36
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28608

Actions (login required)

View Item View Item