STRATEGI PEMBELAJARAN BRAILLE PADA SISWA DENGAN HAMBATAN MAJEMUK DI KELAS IV (Studi Deskriptif SDLB A Budi Nurani Sukabumi)

Empuh Saepuloh, . (2015) STRATEGI PEMBELAJARAN BRAILLE PADA SISWA DENGAN HAMBATAN MAJEMUK DI KELAS IV (Studi Deskriptif SDLB A Budi Nurani Sukabumi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf

Download (264kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (650kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (486kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (99kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (407kB)
[img] Text
DAFT PUSTAKA.pdf

Download (151kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan menganalisis secara faktual tentang kegiatan pembelajaran braille siswa dengan hambatan majemuk di kelas 4 SDLB A. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimaksudkan untuk mengetahui tingkah laku manusia dan alasan mendalam yang menjadi penyebab dari tingkah laku tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, dokumentasi, wawancara dan gabungan ketiganya. Hasil penelitian menunjukan siswa dengan hambatan mejemuk sangat memerlukan pembelajaran yang sesuai dengan kemajemukannya. Dari mulai perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi mereka memerlukan cara yang khusus agar potensi mereka dapat dikembangkan secara maksimal. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa strategi pembelajaran Braille bagi siswa dengan hambatan majemuk kurang terlaksana secara maksimal. *The purpose of this research is to be revealed and analyze factually on activity learning braille students with obstacles compound in grades 4 SDLB A. This research using qualitative approach meant to know human behavior and the reason into the cause of the behavior. Data collection techniques used in this research is the method of observation, documentation, interviews and combined all three. The results of research shows students with multiple disabilities really need learning that in accordance with their compound. Starting form planning, implementation and evaluation they need special method to their potential can be maximal developed. In this research showed that learning braille strategy for student with multiple disabilities less implemented in maximal

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Marja, M.Pd ; 2). Dr. Asep Supena, M.Psi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:16
Last Modified: 23 May 2022 06:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28618

Actions (login required)

View Item View Item