PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MODELING THE WAY TERHADAP KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MTs MATHLA’UL ANWAR TANGERANG

KHOERUNNISA, . (2015) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE MODELING THE WAY TERHADAP KEMAHIRAN BERBICARA BAHASA ARAB SISWA MTs MATHLA’UL ANWAR TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
KHOERUNNISA 2715116207.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Mathla’ul Anwar sejak bulan April hingga Mei 2015. Dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai metode pembelajaran aktif tipe modeling the way dalam meningkatkan kemahiran berbicara siswa MTs Mathla’ul Anwar Tangerang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi penelitian adalah siswa MTs Mathla’ul Anwar Tangerang, dan sampelnya addalah kelas VII dan VIII dengan jumlah 70 siswa terdiri dari 35 siswa sebagai kelas kontrol dan 35 siswa sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa teknik analisis data dengan statistik deskriptif yang berbentuk tes lisan yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Normalitas pada kelas eksperimen yang memiliki data dengan hasil Lhitung 0,152 < Ltabel 0,886, dan pada kelas kontrol memiliki data dengan hasil Lhitung 0,152 < Ltabel 0,886, karena Lhitung lebih kecil dari Ltabel maka data berdistribusi normal. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena Χ 2 hitung 4.58 < Χ 2 tabel 6.635. Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh adalah 4,78 sedangkan nilai t-tabel dari 0,05 dengan derajat kebebasan (dk=68) adalah 1,671, karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H1) diterima, maka dari itu terdapat pengaruh yang positif dalam menggunakan “Metode Modeling The way” terhadap kemahiran berbicara siswa di sekolah MTs Mathla’ul Anwar Tangerang. Berdasarkan analisis data tersebut peneliti mengetahui bahwa terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Tipe Modeling The Way Terhadap Kemahiran Berbicara Bahasa Arab Siswa Di Sekolah MTs Mathla’ul Anwar Tangerang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Syamsi Setiadi, M. Pd. ; 2). Muhammad Kamal, M. A.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:19
Last Modified: 23 May 2022 06:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28626

Actions (login required)

View Item View Item