LISDA HADIANI AL FITRI, . (2015) PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 6 DEPOK. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode deskriptif dengan teknik korelasi. Pengukuran Minat dan Motivasi Belajar menggunakan instrumen kuesioner dengan skala likert. Hasil belajar yang diukur adalah nilai rapot fisika semester 2 pada ranah kognitif kelas XI SMA Negeri 6 DEPOK. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 6 DEPOK dan sampelnya adalah kelas XI IPA sebanyak empat kelas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi, korelasi, uji signifikansi korelasi, serta koefisien determinasi ganda. Hasil pengujian hipotesis diperoleh koefisien korelasi ganda sebesar 0,67 dan persamaan regresinya adalah Ŷ = 33,81905777 + 0,35496871 X1 + 0,215887648 X2, dimana variabel X1 menyatakan minat belajar siswa, variabel X2 menyatakan motivasi belajar siswa dan variabel Y menyatakan hasil belajar fisika. Dalam statistik diperoleh Fhitung = 44,80 dan F tabel = 3,26. Hal ini menunjukkan bahwa Fhitung > Ftabel, maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. ********** The purpose of this research is to know the effect of students' interest and motivation toward learning outcomes physics class XI IPA SMAN 6 DEPOK. The method used in this research is descriptive method with correlation technique. Interest and Motivation measurement using an instrument with a Likert scale questionnaire. Learning outcome measured was the value of the 2nd physics at the cognitive class XI SMAN 6 DEPOK. The population in this research were all students of SMAN 6 DEPOK and the sample was grade four class XI. Testing the hypothesis in this research using regression analysis, correlation, correlation significance test, as well as the coefficient of multiple determination. Hypothesis testing results is obtained multiple correlation coefficient of 0.67 and the regression equation is Ŷ = 33,81905777 + 0,35496871 X1 + 0,215887648 X2, where X1 variables expressed interest in student learning, X2 states the students' motivation and Y variables declared results studied physics. In statistics, it obtained Fcount = 44.80 and F table = 3.26. This shows that Fcount > Ftable, it can be concluded that there is a positive influence interest and motivation toward learning outcomes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Cecep E.Rustana, Ph.D. ; 2). Dr. Betty Zelda Siahaan, M.M. |
Subjects: | Sains > Fisika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2022 06:23 |
Last Modified: | 23 May 2022 06:23 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28630 |
Actions (login required)
View Item |