AN ERROR ANALYSIS ON THE USE OF PREPOSITIONS IN UNDERGRADUATE STUDENTS’ WRITINGS

KEVIN TRIBASKORO, . (2015) AN ERROR ANALYSIS ON THE USE OF PREPOSITIONS IN UNDERGRADUATE STUDENTS’ WRITINGS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
CHAPTER II.pdf

Download (325kB)
[img] Text
CHAPTER I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
Biodata Penulis.pdf
Restricted to Registered users only

Download (16kB)
[img] Text
CHAPTER III.pdf

Download (452kB)
[img] Text
CHAPTER IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
PREFACE.pdf

Download (208kB)
[img] Text
REFERENCES.pdf

Download (207kB)
[img] Text
CHAPTER V.pdf

Download (125kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kesalahan pada penggunaan preposisi yang dibuat dalam tulisan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis kesalahan untuk mengukur, menganalisa dan menggambarkan kesalahan�kesalahan penggunaan preposisi yang terdapat dalam tulisan mahasiswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari 43 tulisan mahasiswa yang dibuat oleh mahasiswa tahun akademis 2012 dan 2014, yang sedang mengambil mata kuliah Grammar di jurusan bahasa dan sastra Inggris. Penelitian ini menggunakan model analisis Corder (1981) yang mengklasifikasikan tipe-tipe kesalahan yakni Kesalahan Penambahan, Kesalahan Penghilangan, Kesalahan Pemilihan, dan Kesalahan Urutan. Selain itu, penelitian ini juga mencari tahu kemungkinan penyebab kesalahan-kesalahan tersebut yang disebutkan oleh Richards (1971). Kemungkinan penyebanya adalah kesalahan intralingual dan kesalahan interlingual. Studi ini menunjukan bahwa hanya terdapat 3 tipe kesalahan yaitu Kesalahan Penambahan, Kesalahan Penghilangan, dan Kesalahan Pemilihan. Kesalahan Pemilihan adalah yang paling sering terjadi di tulisan mahasiswa dengan jumlah 44 kesalahan (54.8%), diikuti dengan Kesalahan Penambahan dengan 21 kesalahan (25%) dan Kesalahan Penghilangan adalah yang paling sedikit dilakukan dengan 17 kesalahan (20.2%). Kemungkinan penyebab kesalahan didominasi oleh Kesalahan Interlingual dengan 44 kesalahan (54%), sedangkan Kesalahan Intralingual hanya sejumlah 38 kesalahan (46%). Penelititan ini diharapkan agar memberikan pemahaman bagi mahasiswa jurusan Bahasa dan Sastra Inggris di UNJ dan menjadi referensi dalam belajar Bahasa Inggris terutama pada kelas Grammar dan Menulis. ********** This study aims at finding out and analyzing errors on the use of preposition in undergraduate students’ writings. Method of this study was error analysis to measure, analyze, and describe errors on the use of preposition in undergraduate students’ writings. Source of data that is used in this study was collected from 43 students’ writings in academic year 2012 and 2014, who were taking Grammar subject at English Department. This study used Corder’s model of error analysis (1981) which classified types of errors into Addition, Omission, Misselection, and Misordering. This study also intends to find out possible cause of errors by using Richard’s theory 1971). The possible cause of errors was categorized into two which are interlingual error and intralingual error. The result showed that there were only three types of error which are addition, omission, and misselection. Error in misselection is the most occurred in undergraduate students’ writings with 44 errors (54.8%), followed by addition with 21 errors (25%), and error in omission was the least occurred with 17 errors (20.2%). The possible cause of errors was dominated by interlingual error with 44 errors (54%) while intralingual error was only 38 errors (46%). This study is expected to give insights for undergraduate students at English Department in State University of Jakarta and also as reference in learning especially in Grammar and Writing Class.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Lina Yudianti
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Bahasa dan Kesusastraan > Sastra Inggris
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 23 May 2022 06:30
Last Modified: 23 May 2022 06:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28644

Actions (login required)

View Item View Item