SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN STUDI DI SEKOLAH BOSOWA BINA INSANI BOGOR (2015)

FARANDIZA ROSALIA, . (2015) SISTEM PENGENDALIAN MANAJEMEN MUTU LEMBAGA PENDIDIKAN STUDI DI SEKOLAH BOSOWA BINA INSANI BOGOR (2015). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 2..pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB 3..pdf

Download (199kB)
[img] Text
BAB 1..pdf

Download (370kB)
[img] Text
Abstrak..pdf

Download (247kB)
[img] Text
Cover..pdf

Download (123kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (95kB)
[img] Text
BAB 5..pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB 4..pdf

Download (634kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup..pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Kata Pengantar..pdf

Download (172kB)
[img] Text
Lembar Persetujuan dan Pengesahan..pdf

Download (88kB)
[img] Text
Surat Pernyataan..pdf

Download (262kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor, yang bertujuan untuk mengetahui proses sistem pengendalian manajemen mutu lembaga pendidikan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Januari hingga Juni 2015. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Sumber data dari penelitian ini yaitu, Direktur Pendidikan dan beberapa informan pendukung antara lain Manajer Islamic Studies, Kepala Sekolah, Guru, Koordinator Tenaga Keamanan dan Ketua OSIS. Fungsi manajemen sumber daya manusia di sekolah ini dilaksanakan oleh direksi, dibantu manajer dan principal sesuai kewenangannya. Sistem pengendalian mutu melalui manajemen sumber daya manusia dilakukan melalui serangkaian strategi, mulai dari analisis kebutuhan, rekrutmen, seleksi dan penempatan, pelatihan dan pengembangan, penilaian kinerja serta pemberian kompensasi. Strategi tersebut memuat berbagai macam kebijakan untuk menjaga ketersediaan sumber daya manusia berkualitas di lembaga. Sistem pengendalian manajemen mutu melalui budaya organisasi dilakukan melalui kebijakan perubahan dan pengembangan pada budaya organisasi. Adaptasi budaya organisasi yang baru ke budaya awal lembaga ditujukan untuk menumbuhkan pengendalian diri pada SDM yang ada untuk terus meningkatkan mutu mereka, yang juga akan berdampak pada peningkatan mutu lembaga. Sosialisasi yang baik memegang peranan penting dalam menumbuhkan penerimaan dan komitmen disetiap diri SDM yang ada, terhadap budaya baru sebagai dampak dari perubahan dan pengembangan yang dilakukan lembaga. Sistem pengendalian manajemen mutu akan lebih optimal apabila Sekolah Bosowa Bina Insani Bogor memiliki lembaga penjamin mutu dan divisi personalia tersendiri, serta meningkatkan budaya suportif dalam lembaga untuk meminimalisir munculnya hambatan yang berasal dari para sumber daya manusia, pada setiap perubahan dan pengembangan yang dilakukan organisasi yang dinamis ini dalam mencapai mutu yang diinginkan *This research was conducted at Bosowa Bina Insani school, which aims to identify the process quality management control system of educational institutions. This research was conducted on April to June 2015. The research used a qualitative approach with descriptive method. Data collected through interviews, observation and document study. Source data from this study that, the Director of Education and several other informants among supporters of Islamic Studies Managers, Principals, Teachers, Security Coordinator and Chairman of the Student Council. Human resource management function in Bosowa Bina Insani school held by directors, assisted by the manager and the principal appropriate authority. Quality management control system through human resource management is done through a series of strategies, ranging from needs analysis, recruitment, selection and placement, training and development, performance appraisal and compensation. The strategy includes a wide range of policies, aimed at maintaining the availability of qualified human resources in the institution. Quality management control system through organizational culture, is done through change and development policies. The adoption of a new organizational culture to institution’s early culture devoted to growing self control in human resources to continuosly improve the quality of their, which will also have an impact on improving the quality of institutions. Good socialization plays an important role growing acceptance and commitment in every self human resources for a new organizational culture as a result of changes and development carried out. Quality management control system will be optimized if the Bosowa Bina Insani school has a quality assurance agencies and the human resource development of its own, and also increases the supportive culture within institution to minimize the appearance of barriers that come from human resources, at every change and development carried this dynamic organization in achieving the desired quality.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Matin, M.Pd ; 2). Amril Muhammad, S.E., M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:00
Last Modified: 25 May 2022 03:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28654

Actions (login required)

View Item View Item