Pengaruh Teknik Imla Terhadap Kemahiran Menulis Siswa di Pondok Pesantren Qotrunnada Depok Jawa Barat

KHODIJAH, . (2015) Pengaruh Teknik Imla Terhadap Kemahiran Menulis Siswa di Pondok Pesantren Qotrunnada Depok Jawa Barat. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Khodijah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di pondok Pesantren Qotrunnada Depok Jawa Barat, pada tahun ajaran 2014-2015, yang dimulai dari bulan April sampai dengan bulan Mei 2015 dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh “Pengaruh Aliran Strukturalisme Terhadap Nilai Pembelajaran tekhnik imla’ terhadap kemahiran menulis siswa di Pondok Pesantren Qotrunnada Depok. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas 7 Pondok Pesantren Qotrunnada Depok Jawa Barat dan Sampelnya adalah siswa kelas 7 sebanyak 54 siswa terdiri dari 27 siswa untuk kelas eksperimen dan 27 siswa untuk kelas kontrol. Teknik pengambilan Sample dilakukan dengan cara simple Random Sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir yang berbentuk tes tulis dengan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0,05. Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisa data yang digunakan adalah uji-t dengan taraf signifikansi 0,05. Sebelum uji-t, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors. Hasil uji normalitas pada kelas Eksperimen diperoleh (Lhitung) Lo 0,1015 dan pada kelas Kontrol diperoleh (Lhitung) Lo 0,081 sedangkan Ltabel pada kelas Eksperimen diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 5%) dan pada kelas kontrol diperoleh 0,173 (n = 25, taraf signifikansi 5%) karena kedua (Lhitung) Lo < Ltabel maka dapat disimpulkan bahwa sampel berdistribusi normal. Selain itu juga dilakukan pengujian homogenitas dengan menggunakan uji Bartlett. Hasil perhitungan homogenitas menyatakan bahwa χ²hitung < χ²tabel atau 1,1513< 3,841 artinya kedua data tersebut homogen. Pada uji hipotesis, didapatkan thitung = 24,53. Dengan dk 52 dan ttabel = 1,671 dengan taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian thitung = 24,53 > ttabel = 1671 jadi H1 diterima. Maka, terdapat pengaruh penggunaan Aliran Strukturalisme Terhadap Pengaruh Teknik Imla’ Terhadap Kemahiran Menulis Siswa di Pondok Psantren Qotrunnada Depok Jawa Barat. Penelitian ini menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik imlai lebih tinggi dari siswa yang tidak diajarkan dengan menggunakan teknik imlai. Dengan penggunaan teknik imlai siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa Arab khususnya pembelajaran kitabah bahasa arab dan mereka lebih mudah menerimanya. Guru disarankan menggunakan teknik pembelajaran yang sesuai dalam kegiatan belajar mengajar khususnya pembelajaran kitabah bahasa Arab

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Nuruddin, M.A. ; 2). Drs. Chakam Failasuf, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:02
Last Modified: 25 May 2022 03:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28656

Actions (login required)

View Item View Item