PENGARUH DIRECT KNOWLEDGE OF OTHERS TERHADAP INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA CALON GURU

GITA VIDYA PARAMITA, . (2015) PENGARUH DIRECT KNOWLEDGE OF OTHERS TERHADAP INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA CALON GURU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Gita Vidya Paramita 1125115078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh direct knowledge of others terhadap integritas akademik mahasiswa calon guru. Penelitian ini berakar dari adanya pelanggaran integritas akademik yang dilakukan oknum guru di Indonesia, disebabkan karena integritas akademik oknum guru yang rendah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan tipe penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 di sebuah univeristas di Jakarta yang sedang mengikuti keempat MKDK sejumlah 2634 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 265 mahasiswa yang berasal dari 8 program studi dan 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multiphase cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen integritas akademik dan instrumen direct knowledge of others yang disusun berdasarkan literatur dan korespondensi dengan peneliti lain. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier dengan menggunakan program SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan direct knowledge of others terhadap integritas akademik mahasiswa calon guru. Pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif. Besar pengaruh yang dihasilkan direct knowledge of others terhadap integritas akademik mahasiswa calon guru adalah 0,017 (1,7%) dan sisanya 98,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penilitian ini. ********** This study aims to determine the effect of direct knowledge of others on academic integrity towards students of prospective teacher. The background of this research came from the existence of academic integrity violations committed by teachers in Indonesia, due to low level of academic integrity. This study used quantitative methods, with correlational type. The population in this study was the student of batch 2013 at a university in Jakarta, which attended MKDK classes, total population is 2634 students. Sample of this research is 265 student from 8 departments and 9 classes. The sampling technique used is multiphase cluster random sampling. Data collected using academic integrity instrument and direct knowledge of others instrument which is based on the literature and correspondence with other researchers. Statistical analysis was used to test the hypothesis, linear regression analysis was used to analyze the hypothesis using SPSS 19. The results show that there is significant influence direct knowledge of others on academic integrity towards student of prospective teacher. Direct knowledge of others has negative influence on academic integrity. The amount of influence direct knowledge of others in academic integrity towards students of prospective teacher is 0,017 (1.7%) and the remaining 98.3% is influenced by other factors not examined in this research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anna Armeini Rangkuti, M.Si. ; 2). Irma Rosalinda Lubis, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:06
Last Modified: 25 May 2022 03:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28662

Actions (login required)

View Item View Item