FATIN INTISHAR, . (2015) PEMENUHAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA BIMBINGAN DAN KONSELING (Survei Terhadap Sekolah Menengah Atas Negeri di Jakarta Barat). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
riwayat hidup peneliti.pdf Restricted to Registered users only Download (91kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (306kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (363kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (794kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (259kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (127kB) |
|
Text
Halaman Awal.pdf Download (260kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pemenuhan standar sarana dan prasarana bimbingan dan konseling di Sekolah Mengengah Atas Negeri Jakarta Barat. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 14 sekolah yang dimbil dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Metode yang dugunakan adalah survei. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pedoman observasi standar sarana dan prasarana bimbingan dan konseling. Teknik analisis data yang digunakan untuk mendeskripsikan pemenuhan standar sarana dan prasarana bimbingan dan konseling yaitu statistik deskriptif dengan teknik persentase. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tiga belas sekolah berada pada kategori tidak memenuhi standar(92,8%) dan satu sekolah berada pada kategori memenuhi standar (7,14%). Pada aspek ruang bimbingan dan konseling seluruh sekolah tidak memenuhi standar(100%) . Pada aspek instrumen pengumpul data tiga belas sekolah berada pada kategori memenuhi standar(92,8%) dan satu sekolah tidak memenuhi standar(7,14%). Pada aspek kelengkapan penunjang teknis sepuluh sekolah memenuhi standar(71,4%) dan empat sekolah lainnya tidak memenuhi standar(28,6%). Pada aspek dokumen seluruh sekolah memenuhi standar(100%). Secara keseluruhan, 13 sekolah tidak memenuhi standar srana dan prasarana bimbingan dan konseling, kondisi ini menyebabkan terhambatnya pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling dilihat dari segi kuantitas maupun kualitas. Oleh karena itu, aspek sarana dan prasarana bimbingan dan konseling harus mendapatkan perhatian lebih dari berbagai pihak, (Dinas Pendidikan DKI Jakarta, ABKIN, MGBK, Kepala Sekolah, dan Guru BK). *********** *This study was intended to know about standards compliance infrastructure of guidance and counseling at country high school West Jakarta. The sample of this study was 14 school that used jenuh sampling . This study used survey methods. The data was collected with standards compliance infrastructure of guidance and counseling instrument. Data analysis techniques for description of standards complience infrastructure of guidance and counseling used descriptive statistics with percentage technique. The result of reaserch showed 92,8% school is in the not meet standards categorization and 7,14 % school is in the meet standards categorization. On guidance and counseling rooms aspect all of school is in the not meet standards categorization(100%). On data collection instruments aspect, thirteen school is in the meet standards categorization(92,9%) and one school is in the meet standards categorization.(7,14%). On completeness technical support aspect, ten school is in the meet standards categorization(71,4%) and four school is in the not meet standards categorization(28,6%). On document aspect all of school is in the meet standards categorization(100%). 92,8 % school is in the not meet standards categorization,this condition impeded the implementation of guidance and counseling in quality and quantity. Therefore, infrastructure aspect must be got more attention from various parties(government, headmaster, guidance and counseling teacher).
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Indira Chanum, M.Psi. ; 2). Dr. Aip Badrujaman, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 03:11 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:11 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28665 |
Actions (login required)
View Item |