PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN

FAZIL FITRIYANTO AITUARAUW, . (2015) PENINGKATAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES DI KELAS V SDN PASAR MANGGIS 03 PAGI SETIA BUDI JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2. HALAMAN PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (237kB)
[img] Text
3. ABSTRAK REVISI.pdf

Download (90kB)
[img] Text
1. COVER REVISI.pdf

Download (93kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI REVISI.pdf

Download (100kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR REVISI.pdf

Download (176kB)
[img] Text
BAB V REVISI.pdf

Download (94kB)
[img] Text
BAB IV TES ESSAY.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I REVISI SIDANG.pdf

Download (309kB)
[img] Text
BAB II REVISI SIDANG.pdf

Download (641kB)
[img] Text
BAB III TES ESSAY.pdf

Download (403kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA REVISI.pdf

Download (178kB)
[img] Text
RIWAYAT+HIDUP+REVISI.pdf

Download (132kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana, Peningkatan Kreativitas Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA dengan Pendekatan Keterampilan Proses Di Kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan..Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN yang berjumlah 24 siswa. Pembelajaran IPA berlangsung pada semester II, tahun ajaran 2014-2015 dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses. Banyaknya siklus ada dua yaitu siklus I dan siklus II. Hasil pemberian tes essay untuk kreativitas belajar siswa pada pembelajaran IPA pada siklus I yang dicapai yaitu 39.16% dengan target yang dicapai yaitu 70%. Adapun meningkat pada siklus II yaitu 86.83%, dengan target yaitu 70%. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 87.5%, siklus II yaitu 100%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ipa tentang kreativitas belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi Jakarta Selatan dapat meningkat dengan menerapkan pendekatan keterampilan proses. *The purpose of this study was to determine how, Improving Student Creativity In Science Learning Approach Process Skills Classroom SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi South Jakarta Selatan. Reserch Jakarta Setiabudi was held at SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi South Jakarta. Subjects in this study were students of class V SDN totaling 24 students. Science learning takes place in the second semester, academic year 2014-2015 with the approach process skills. The number of cycles there are two cycles of the first and second cycle. Results granting essay tests for creativity of students in science teaching in the first cycle that is achieved is 39.16% with a target of 70% is achieved. The increase in the second cycle is 86.83%, with a target of 70%. Results of monitoring instruments of action in the first cycle is 87.5%, the second cycle of 100%. Based on the results of this study concluded that the results ipa learn about the creativity of student learning in science teaching in class V SDN Pasar Manggis 03 Pagi Setiabudi South Jakarta Selatan can be increased by applying the skills approach.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd. ; 2). Drs. Adi Putra,M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:23
Last Modified: 25 May 2022 03:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28671

Actions (login required)

View Item View Item