STUDI EVALUASI TENTANG PELAKSANAAN STANDAR PROSES PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN TANGERANG

IKAWATI RAHAYU, . (2015) STUDI EVALUASI TENTANG PELAKSANAAN STANDAR PROSES PENDIDIKAN KESETARAAN PAKET C DI SANGGAR KEGIATAN BELAJAR (SKB) KABUPATEN TANGERANG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (15kB)
[img] Text
BAB1-5-fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
ABSTRAK-DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (448kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PANITIA UJIAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan data dan mengetahui informasi mengenai pelaksanaan standar proses pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Tangerang. peneliti bertindak sebagai orang asing / tidak mempengaruhi kejadian yang ada, peneliti memberikan informasi sesuai dengan data yang diperolehnya di lapangan. sasaran yang dijadikan sebagai sumber informasi adalah penyelenggara program kesetaraan paket C, diantaranya kepala SKB, Pengelola Program paket C, Tutor dan Peserta didik paket C. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi evaluasi. Model evaluasi yang digunakan adalah model evaluasi kesenjangan Discrepancy Evaluation Model (DEM). Sampel yang digunakan adalah Tutor paket C yang berjumlah 16 orang dan peserta didik paket C yang diwakili pada tiap tingkatannya berjumlah 17 orang. teknik sampling yang digunakan adalh purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey, yang menggunakan tiga jenis instrumen diantaranya kuesioner/angket, wawancara dan studi dokumentasi. Aspek yang dievaluasi adalah komponen-komponen dari standar proses pendidikan kesetaraan diantaranya perencanaan proses pembelajaran, pelaksanaan proses pembelajaran, penilaian proses pembelajaran dan pengawasan proses pembelajaran. Hasil penelitian menjukan bahwa Perencaan proses pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 4 (baik) dengan skor rata-rata sebesar 84, Pelaksanaan proses pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 5 (sangat baik) dengan skor rata-rata sebesar 89.5, Penilaian hasil pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 4 (baik) dengan skor rata-rata sebesar 81.5, Pengawasan proses pembelajaran memiliki tingkat pencapaian dengan nilai 3 (cukup baik) dengan skor rata-rata sebesar 56. Kesimpulan yang dapat ditarik dari penelitian ini adalah bahwa pelaksanaan standar proses pendidikan kesetaraan pada program paket c di SKB Kabupaten Tangerang sudah dijalankan dengan cukup baik. This study aims to collect data and determine information regarding the implementation of the educational process standards of equality in the LCS package C Tangerang Regency. Researchers act as a foreigner / does not affect existing events, the researchers provide information in accordance with the data obtained in the field. targets that serve as a source of information is the organizer of the kesetaraan paket C program, including the head of SKB, Pengelola program paket C, Tutors and students of kesetaraan paket C programs. This study is the evaluation of research studies. Evaluation model used is the Discrepancy Evaluation Model (DEM). The samples used were tutor kesetaraan paket C totaling 16 people and students, represented at every level amounted to 17 people. sampling technique used purposive sampling. The method used in this research is a survey method, which uses three types of instruments including questionnaire, interview and documentation study. Aspects that are evaluated are the components of the education process standards of equality among them planning the learning process, the implementation of the learning process, learning assessment and supervision of the learning process. Planning showed research results that have a level of achievement of the learning process with a value of 4 (good) with an average score of 84, implementation of the learning process has levels of achievement with a value of 5 (very good) with an average score of 89.5, assessment of learning outcomes have level of achievement with a value of 4 (good) with an average score of 81.5, Monitoring the learning process has levels of achievement with a value of 3 (enough) with an average score of 56. The conclusion that can be drawn from this study is that the implementation of standards of equality in the education process on kesetaraan paket C programs at the SKB Kabupaten Tangerang already run quite well.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Fakhrudin A., M.Pd ; 2). Drs. Ahmad Tijari, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 03:48
Last Modified: 25 May 2022 03:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28678

Actions (login required)

View Item View Item