IMAM MAWARDI, . (2015) Penggunaan Adlerian Play Therapy dalam Layanan Konseling Individu untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI BAB IV.pdf Download (608kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB I.pdf Download (253kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB V.pdf Download (95kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB III.pdf Download (334kB) |
|
Text
SKRIPSI BAB II.pdf Download (487kB) |
|
Text
SKRIPSI cover, pengesahan skripsi, abstrak. Keaslian skripsi, kata pengantar, daftar isi, dll.pdf Download (911kB) |
|
Text
SKRIPSI dafpus.pdf Download (118kB) |
|
Text
SKRIPSI RIWAYAT HIDUP PENELITI.pdf Download (101kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan Adlerian play therapy terhadap peningkatan keterampilan sosial siswa terisolir seorang siswa kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Keroncong 2 Tangerang, dengan satu responden siswa berinisial SH kelas V tahun ajaran 2014/2015. Responden diambil dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Apabila siswa tidak ditangani dengan segera, maka siswa akan merasa kesepian karena kebutuhan sosialnya tidak terpenuhi, merasa tidak bahagia dan tidak aman, kurang memiliki pengalaman belajar yang dibutuhkan untuk menjalani proses sosialisasi, dan dalam jangka panjang akan menjadi anti sosial Penelitian ini adalah Single Subject Research dengan menggunakan desain A-B, dimana A adalah kondisi baseline yang belum diberikan intervensi dan B kondisi intervensi dengan Adlerian play therapy yang diberikan kepada siswa yang mengalami keterisoliran dikelasnya. Layanan yang diberikan adalah layanan konseling individu terdiri 4 fase, yaitu; (1) Membangun hubungan egaliter, (2) mengekplorasi gaya hidup anak, (3) Membantu anak mendapatkan pemahaman terhadap gaya hidup, (4) reedukasi. Pada fase reedukasi peneliti melibatkan SH dengan teman-teman yang mengisolirnya sebagai media pengembangan keterampilan sosial melalui permainan. Hasil penelitian keseluruhan menunjukkan adanya peningkatan keterampilan sosial pada aspek hubungan teman sebaya, manajemen diri, akademik, kepatuhan dan ketegasan dengan penerapan Adlerian play therapy dalam waktu 11 hari penerapan.. Teknik ini dapat dilaksanakan dengan baik oleh siswa SD, karena sesuai dengan karakteristik anak SD yaitu suka bermain, senang bergerak, senang bekerja dalam kelompok dan senang melakukan sesuatu secara langsung. Hal tersebut terbukti dalam penelitian Single Subject Research yang telah dilakukan oleh peneliti, bahwa anak usia SD dapat melaksanakan terapan Adlerian play therapy. Supaya hasil penerapan treatment dapat bertahan dalam jangka panjang, diharapkan lingkungan sekolah, terutama teman sebaya memberikan dukungan positif terhadap perkembangan keterampilan sosial SH dengan cara reinforcement dalam hal apapun, saling menghormati satu sama lain, dan meningkatkan interaksi kepada SH. The purpose of this study to find out the influence the use of Adlerian play therapy for improving social skills students are isolated of fifth grader. This study was conduct in SDN Keroncong 2 Tangerang with one respondent namely SH (initial name), fifth grader year 2014/2015. Respondent is taken with the consideration and a specific purpose. This should be done immediately, student will feel so lonely because social needs are not fulfilled; feel unhappy and unsafe, lack of experience and learn to do it well, and in the long term it will be antisocial. This study is a single subject research using A-B design-where A is a baseline condition without any intervention and B is the intervention with Adlerian play therapy given to students who have low social skills that are isolated in his class. Service rendered is service counseling individuals that there are 4 phase; (1) building an egalitarian relationship, (2) exploring the child’s life-style (3) helping the child gain insight into his or her lif-style, (4) reeducation/reeorientation. At fourth phase, the researcher involving SH with friends who isolated him through the game as a media the development of social skills. The overall result of the study show the increasing of social skills for peer relation, self-management, academic, compliance, and assertion with the application of Adlerian Play Therapy in 11 days. This technique is well-applied for elementary students because according to their characteristic that playful, like moving, love to work in a group and are happy to do something directly. This is proven with single subject research study which writer performed, that the primary school age can implement Adlerian Play Therapy. So that the results of the application of treatment can survive in the long term, expected school environment especially their peers provide positive support to the development of SH’s social skills by giving positive reinforcement, respect each other and improve the interaction of SH.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Wirda Hanim, M.Psi ; 2). Dra. Michiko Mamesah,M.Psi |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:08 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:08 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28693 |
Actions (login required)
View Item |