INDRI SOFIA RANTI, . (2015) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI MELALUI STRATEGI MIND MAP PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI PENGADILAN 5 BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
ANALISIS DATA HASIL PENELITIAN.pdf Download (303kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (230kB) |
|
Text
cover.pdf Download (20kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (238kB) |
|
Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) |
|
Text
KATA PENGANTAR & DAFTAR ISI BAB 1-3.pdf Download (171kB) |
|
Text
LAMPIRAN VALIDASI.pdf Download (39kB) |
|
Text
LAMPIRAN INSTRUMEN.pdf Download (220kB) |
|
Text
LAMPIRAN LKS MENULIS NARASI.pdf Download (211kB) |
|
Text
lembar persetujuan.pdf Download (489kB) |
|
Text
SURAT KETERANGAN VALIDASI.pdf Download (5kB) |
|
Text
Surat keterengan penelitian.pdf Download (780kB) |
|
Text
SKRIPSI bab I-V.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis narasi melalui strategi mind map pada siswa kelas IV SD Negeri Pengadilan 5 Bogor yang berjumlah 38 orang. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model yang dikemukakan Kemmis & mcTaggart. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, tes, catatan lapangan, dan dokumentasi berupa foto. Analisis data dilakukan dengan merefleksi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan pada setiap siklus. Pada siklus I, siswa yang mendapat nilai ≥ 70 mencapai 66%, sedangkan pada siklus II mencapai 84,6%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penggunaan strategi mind map dalam pembelajaran bahasa Indonesia dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi siswa kelas IV SD Negeri Pengadilan 5 Kota Bogor. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dengan menggunakan strategi mind map untuk dapat mengembangkan kemampuan menulis narasi siswa. ********** This research aims to improve the ability of writing narration through mind map strategy in the fourth grade students of elementary school Pengadilan 5 Bogor who has 38 students. The method used in this research is classroom action research, the model proposed by Kemmis & McTaggart. Data was collected through observation, test, making field notes, and photo documentation. Data analysis was perfomed by reflecting on the activities that have been perfomed on each cycle. In the first cycle, students who has scored ≥ 70 raeched 66%. While in the second cycle reached 84.6%. These results indicate that the use of mind map strategy in teaching Indonesian can enchance students ability to write a narration of the elementary school Pengadilan 5 Bogor. Therefore, teachers need to know the capabilities and the needs of the students so that they can design the various activities using mind map strategy to develop students ability to write narration
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sehati Kaban, M.Pd. ; 2). Dra. Olga D. Pandeirot, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 03:53 |
Last Modified: | 25 May 2022 03:53 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28695 |
Actions (login required)
View Item |