M. ABDULLAAH AL-KHOLIFi, . (2015) PENGARUH SELF-HANDICAPPING STRATEGY TERHADAP INTEGRITAS AKADEMIK MAHASISWA CALON GURU. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
judul-daftar+lampiran.pdf Download (675kB) |
|
Text
BAB+I+-+V.pdf Download (931kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self-handicapping strategy terhadap integritas akademik mahasiswa calon guru. Penelitian ini berakar dari pelanggaran terhadap integritas akademik yang dilakukan oknum guru di Indonesia. Pelanggaran terhadap integritas akademik yang dilakukan oleh oknum guru disebabkan karena integritas akademik oknum guru yang rendah. Integritas akademik ditumbuhkembangkan di institusi pendidikan tempat oknum guru tersebut menerima pendidikan untuk menjadi guru. Oleh karena itu, untuk mencegah terjadinya pelanggaran terhadap integritas akademik oleh oknum guru, maka perlu diukur tingkat integritas akademik pada saat masih menjadi mahasiswa calon guru. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, dengan tipe penelitian korelasional. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2013 di sebuah LPTK di Jakarta Timur yang sedang mengikuti keempat MKDK sejumlah 2643 mahasiswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 265 mahasiswa yang berasal dari 8 program studi dan 9 kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah multiphase cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrument integritas akademik dan instrument self-handicapping strategy yang disusun berdasarkan literature dan korespondensi dengan peneliti lain. Analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi linier dengan menggunakan program SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan self-handicapping strategy terhadap integritas akademik mahasiswa calon guru. Pengaruh yang dihasilkan bersifat negatif. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi skor integritas akademik maka semakin rendah skor self-handicapping strategy dan sebaliknya. Besar pengaruh yang dihasilkan self-handicapping strategy terhadap integritas akademik mahasiswa calon guru adalah 0,367 (36,7%) dan sisanya 63,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penilitian ini. The goal of this research is to know the effect of self-handicapping strategy on academic integrity towards student of prospective teacher. The background of this research come from the violation of academic integrity from teacher across Indonesia. That violation come from the low academic integrity in teacher. Academic integrity cultivated from the institutional education. Summary, the preventive strategy to reduce the violation of academic integrity is to increase awareness in academic integrity of prospective teacher student. The method of this research is quantitative method, with correlational type of research. 2643 university student in East Jakarta is the population of this research. Sample of this research is 265 student from 8 departments and 9 classes. In this research, researcher choose multiphase cluster random sampling as a sampling method. Data collecting of this research is using academic integrity instrument and self-handicapping strategy instrument. Statistical analysis in this research using linear regression analysis in SPSS 16 for Windows. The result of this research is self-handicapping strategy influence academic integrity significantly in prospective teacher student. Self-handicapping strategy influencing negatively towards academic integrity of prospective teacher student. This means the higher self-handicapping strategy can make lower academic integrity of prospective teacher student. Self-handicapping strategy influencing academic integrity about 36,7%, and the other 63,3% is influenced by the other factors.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Anna Armaeni Rangkuti, M.Si ; 2). Irma Rosalinda, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Divisions: | FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling |
Depositing User: | Users 8922 not found. |
Date Deposited: | 25 May 2022 06:28 |
Last Modified: | 25 May 2022 06:28 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28714 |
Actions (login required)
View Item |