PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN MENTENG JAKARTA PUSAT

KARLINA, . (2015) PENGARUH PENDEKATAN SCIENTIFIC TERHADAP PENYELESAIAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI KECAMATAN MENTENG JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB II.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (170kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (62kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (76kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (25kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR.pdf

Download (18kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (28kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (22kB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN PENGESAHAN PANITIA UJIANSIDANG SKRIPSI.pdf

Download (11kB)
[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (16kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Scientific terhadap penyelesaian soal cerita matematika di sekolah dasar negeri kelas III se Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, pokok bahasan keliling dan luas persegi dan persegi panjang, semester II Tahun Ajaran 2014-2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SD di Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Pemilihan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling. Hasil pemilihan sampling terpilih SDN Menteng 02 Pagi Jakarta Pusat sebagai sampel penelitian. Kelas III-A dengan jumlah 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas III-B dengan jumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Pengujian data dilakukan melalui uji hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung=17,101 dam ttabel=1,701, pada dk=27 dan taraf signifikan 0,05 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penerapan pendekatan Scientific terhadap penyelesaian soal cerita matematika di kelas III sekolah dasar negeri Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat. Oleh sebab itu, sekolah perlu mengembangkan model pembelajaran yang sesuai untuk materi yang diajarkan dalam kelas sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dan akan berpengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika siswa. *This study aims to determine whether there are significant learning model Scientific towards completion math story problems in a elementary school state class III in Menteng District, Central Jakarta, the subject of the circumference and area of the square and rectangular, the second semester of Academic Year 2014-2015. The study population was all students in third grade elementary school in Menteng District, Central Jakarta. Selection of the sample using cluster random sampling technic. Selected sampling election results SDN Menteng 02 Morning Central Jakarta as the study sample. Class III-A with 28 students as an experimental class and class III-B with 28 students as the control class. Testing data is done through hypothesis testing using t-test. Based on the calculation of the t-test obtained by tcount=17.101 and ttable=1.701, df = 27, and the significant level of 0.05 so that Ha accepted and Ho rejected.The results showed that there were significant positive impact on the implementation of Scientific approach to problem-solving math story in a public elementary school class III in Menteng District, Central Jakarta. Therefore, schools need to develop a learning model that is appropriate for the material being taught in the classroom so that learning objectives can be achieved and will be a positive influence on students' understanding of mathematical concepts

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M.Pd. ; 2). Drs. A. R. Supriatna, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Pendidikan Dasar dan Menengah
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 06:40
Last Modified: 25 May 2022 06:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28766

Actions (login required)

View Item View Item