UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN TENDANGAN SABIT DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG (Pada Ekskul Pencak Silat KPS Nusantara Siswa SMP Negeri 3 Babelan Kabupaten Bekasi)

AFIF IWANTONO, . (2016) UPAYA MENINGKATAN KETERAMPILAN TENDANGAN SABIT DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG (Pada Ekskul Pencak Silat KPS Nusantara Siswa SMP Negeri 3 Babelan Kabupaten Bekasi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.PDF

Download (31kB)
[img] Text
bab_5_perbaikan.PDF

Download (180kB)
[img] Text
bab_1_perbaikan.PDF

Download (219kB)
[img] Text
bab_4_perbaikan_copy.PDF

Download (395kB)
[img] Text
bab_3_perbaikan.PDF

Download (0B)
[img] Text
bab_2_perbaikan.PDF

Download (435kB)
[img] Text
DAFTAR ISI SKRIPSI.PDF

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR_PUSTAKA.PDF

Download (87kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR iii.pdf

Download (164kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dengan diadakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan tendangan Sabit Pencak Silat dengan menggunakan media alat bola gantung. Penelitian ini dilaksanakan bertempat di SMP Negeri 3 Babelan Kab.Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan (Action Reseach) dengan melalui metode pengambilan data kuantitatif. Pelaksanaan penelitian ini melibatkan dua orang pelatih Pencak Silat sebagai kolaborator. Penelitian ini dilakukan dengan 2 kali tahapan siklus penelitian dengan melalui 4 tahapan langkah penelitian, yaitu siklus I dan siklus II dengan melaui perencanaa, tindakan, observasi awal, serta penelitian ini dilakukan dengan dilaksanakan saat waktu latihan. Siklus I yang telah diaplikasikan terhadap penelitian yang berlangsung dalam fase tindakan I memberikan sebuah hasil yaitu : 1) Sejumlah siswa belum memahami konsep melakukan teknik tendangan sabit pencak silat dengan baik dan benar 2) Sikap pandang siswa masih terlihat tidak fokus terhadap cara melakukan tendangan sabit. 3) Pada tahapan gerak awal, bagian-bagian saat proses menendang seperti sikap gerakan awal, proses melepas tendangan, serta saat menarik kaki saat menendang, serta sikap tangan yang terlihat kurang baik 4) Pada tahapan persiapan serta sikap akhir terlihat bahwa kaki tidak selabar bahu 5) Sikap badan siswa masih telihat menyerong dan menyamping. Siklus II memberikan sebuah hasil sebagai berikut 1) Siswa sudah memahami akan sebuah konsep teknik melakukan tendangan sabit dengan benar. 2) Siswa sudah dapat memperbaiki sikap padang fokus ke arah sasaran. 3) Siswa sudah mampu mengerti letak sikap tangan dengan salah satu tangan mengepal pada kemapuan dan satu tangan lainnya berada di depan dada. 4) Siswa telah mampu memperbaiki posisi kaki. 5) Siswa telah mampu melakukan tendangan dengan baik dan benar terhadap sudut sasaran. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka sebuah data pada sebuah progress pada Tes Awal siswa dengan nilai rata-rata yaitu 7,96 dengan prosentase keberhasilan (25%) terdapat 5 siswa yang berhasil dari 20 siswa, siklus I yang terlihat cukup baik dengan nilai rata-rata sebesar 9,54 dengan prosentase keberhasilan sebesar (70%) terdapat tingkat kelulusan siswa sebanyak 14 dari 20 siswa, dalam siklus II dinyatakan dengan jumlah siswa yang berhasil sebanyak 18 siswa dari 20 siswa dengan tingkat keberhasilan siswa sebesar (90%) dengan nilai rata-ratanya yaitu 9,93. Dengan demikian, dapat disimpulakan melalui penggunaan media bola gantung dapat meningkatkan keterampilan tendangan sabit pencak silat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Hendro Wardoyo M.Pd. 2). Tirto Apriyanto, S.Pd, M.Si.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Kepelatihan,Manajemen Kepelatihan
Divisions: FIO > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 20 May 2022 08:45
Last Modified: 20 May 2022 08:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28772

Actions (login required)

View Item View Item