IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA 4 SMAN 50 JAKARTA

MEICHEIL YOHANSA, . (2014) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS RECIPROCAL TEACHING SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI MIA 4 SMAN 50 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
0. Cover.pdf

Download (22kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (86kB)
[img] Text
3. Kata Pengantar.pdf

Download (92kB)
[img] Text
4 daftar isi.pdf

Download (92kB)
[img] Text
10. bab III.pdf

Download (247kB)
[img] Text
9. BAB II revisi.pdf

Download (254kB)
[img] Text
8. BAB I revisi.pdf

Download (182kB)
[img] Text
12. bab 5.pdf

Download (11kB)
[img] Text
13. Daftar Pustaka.pdf

Download (197kB)
[img] Text
11. bab 4 auto.pdf

Download (1MB)
[img] Text
53. Biodata Penulis.pdf

Download (65kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa di SMAN 50 Jakarta yang diketahui masih rendah berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan salah seorang guru matematika. Model pembelajaran Reciprocal Teaching diterapkan pada pembelajaran matematika dalam upaya ini. Indikator pemahaman konsep matematika menurut Depdiknas dengan penyesuaian dijadikan acuan untuk mengukur meningkat atau tidaknya kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Sementara model pembelajaran terbalik atau Reciprocal Teaching merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa dengan melibatkan siswa sebagai pemimpin pembelajaran layaknya seorang guru. Terdapat empat fase pembelajaran pada model Reciprocal Teachung ini, yaitu question generating (membuat pertanyaan), clarifying (mengklarifikasi), summarizing (membuat rangkuman), dan predicting (memprediksi). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Tindakan dilaksanakan dalam 3 siklus, dengan siklus I terdiri dari 2 pertemuan, siklus II terdiri dari 2 pertemuan, dan siklus III terdiri dari 2 pertemuan. Setiap akhir siklus siswa diberikan tes untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini di antaranya lembar observasi, tes kemampuan awal, tes akhir siklus, catatan lapangan, alat dokumentasi, dan wawancara. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, pemberian tes, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika melalui model Reciprocal Teaching dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya nilai rata-rata tes akhir yang diberikan di setiap akhir siklus. Rata-rata nilai tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas 11MIA 4 pada siklus I adalah 56,6, pada siklus II meningkat menjadi 67,5, dan pada siklus III menajdi 78,3. Kemudian jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), yaitu 75 juga mengalami peningkatan setiap siklusnya. Siklus I siswa yang mencapai nilai KKM sebanyak 20% dari keseluruhan siswa, pada siklus II meningkat menajadi 45,7% dari keseluruhan siswa, dan meningkat menjadi 82,2% dari keseluruhan siswa.pada siklus III

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Makmuri, M.Si. ; 2). Ratna Widyati, S.Si. M.Kom.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 8922 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 07:19
Last Modified: 25 May 2022 07:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item