UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Penjaringan 04 Pagi, Jakarta Utara)

KASIH YANTI, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA MELALUI METODE EKSPERIMEN (Penelitian Tindakan Kelas pada Siswa Kelas V SDN Penjaringan 04 Pagi, Jakarta Utara). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
2 LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (84kB)
[img] Text
3 LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (69kB)
[img] Text
4 KATA PENGANTAR.pdf

Download (122kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (148kB)
[img] Text
1 ABSTRAK.pdf

Download (75kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (92kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (17kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (894kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (75kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (153kB)
[img] Text
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Motivasi Belajar IPA di kelas V SDN Penjaringan 04 Pagi, Jakarta Utara melalui metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Penjaringan 04 Pagi sebanyak 27 orang. Adapun partisipan dalam penelitian ini sebanyak 2 orang, yakni 1 orang sebagai pemberi tindakan dan 1 orang teman sejawat SDN Penjaringan 04 Pagi sebagai observer. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan model classroom action research (Penelitian Tindakan Kelas). Disain intervensi tindakan Rancangan siklus penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Taggart dengan tahapan planning, acting, observing dan reflecting. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, siklus I dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan dengan materi sifat-sifat benda, dan siklus II dilaksanakan sebanyak 2 kali pertemuan dengan materi perubahan sifat benda. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April – Juni 2014. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan non tes. Teknik non tes yakni dengan angket dan observasi. Angket digunakan untuk menjaring data tentang Motivasi Belajar IPA. Sementara observasi digunakan untuk menjaring data tentang penggunaan metode eksperimen. Analisis data dilakukan terhadap data hasil penelitian dengan melihat indikator keberhasilan sebagaimana hasil kesepakatan antara peneliti dan observer, yakni rata-rata jumlah seluruh siswa telah mencapai 80% dari indikator Motivasi Belajar. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai 70%. Hasil penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa rata-rata dari jumlah seluruh siswa mencapai 88%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran IPA melalui metode eksperimen dapat meningkatkan Motivasi Belajar IPA siswa di kelas V SDN Penjaringan 04 Pagi . Dengan demikian penelitian ini dilaksanakan dua siklus saja. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa melalui metode eksperimen dapat diterapkan bila dalam pembelajaran IPA, guru mengalami kesulitan dalam kelas dimana Motivasi Belajar IPA rendah. *This research aim to encrease the learning motivation subject in grade 5 student at SDN Penjaringan 04 Pagi through experiment method. The research subject is grade 5 student which is all 27 persons. As for participant in this research counted 2 people namely, 1 people as action giver and 1 people teacher SDN Penjaringan 04 Pagi as observer. The research is research of action with model classroom action research.with kemmis and Taggart theory with step planning, acting, observing, and reflecting. Research executed 2 cycles, cycle I with 3 times meeting with matter characteristic of thing and cycle II with 2 times meeting with matter alteration characteristic of thing. The research is executed in April – June 2014. The data collecting technique is done by using non test. Non test technique, questionnaire and observation. The questionnaire applied to get data about Learning motivation subject. Where as observation applied to get data about usage Experiment Method. The data analysis done to data result of research by seeing indicator successful of as result of agreement between researchers, and observer counted average from all the students in class reach up 80% from Learning motivation questionnaire. Result of research at cycle I indicated that obtained average from all the students reach up 70%. Result of research at cycle II indicated that obtained average from all the students has been reached until 88%. Result of this research indicates that study science use experiment method can increase the learning motivation subject of the grade 5 student of SDN Penjaringan 04 Pagi. There by the research is only be executed in 2 cycles only. The Implication from this research is that usage of Experiment Method applied in science study, teacher finds difficulties at class where the learning motivation is low.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yetty Auliaty, M.Pd ; 2). Drs. Otib Satibi Hidayat, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 14614 not found.
Date Deposited: 25 May 2022 07:31
Last Modified: 25 May 2022 07:31
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28856

Actions (login required)

View Item View Item