INNA DAN KATA-KATA SEJENISNYA DALAM SURAT AT�TAUBAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN NAHWU )PENDEKATAN ANALISIS ISI)

FACHRI NUR HAKIM, . (2017) INNA DAN KATA-KATA SEJENISNYA DALAM SURAT AT�TAUBAH SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENGAJARAN NAHWU )PENDEKATAN ANALISIS ISI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fachri Nur Hakim.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh deskripsi yang jelas mengenai inna dan saudara-saudaranya dalam surat at-taubah serta implikasinya dalam pengajaran nahwu, besar harapan penelitian ini menjadi bermanfaat dalam pengajaran nahwu bagi para mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi berdasarkan kajian pustaka, yaitu analisis Inna dan kata�kata sejenisnya dalam al-qur’an. Fokus penelitian ini adalah Inna dan kata-kata sejenisnya dalam surat At-Taubah. Peneliti memilih pembahasan ini karena kebanyakan mahasiswa masih keliru dalam penggunaan beserta fungsi inna dan kata�kata sejenisnya. Juga sulit untuk membedakan antara kalimat yang dimasukkan oleh Inna, Kaana, dan Dzonna. Mengapa peneliti memilih objek penelitian ke dalam surat At-Taubah? Setelah peneliti melihat dan membandingkan dengan surat-surat yang lain di dalam al qur’an, Surat At-Taubah merupakan yang terbanyak dimasuki oleh Inna dan kata-kata sejenisnya. Sehingga peneliti memutuskan untuk membahas penelitian ini. Instrument penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri dibantu dengan tabel klasifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui terdapat 57 inna dan kata-kata sejenisnya dalam Surat At-Taubah, yaitu Inna (menguatkan) berjumlah 32 kata (56,1%), ‘anna (menguatkan) berjumlah 22 kata (38,6 %), lakinna (penangkalan) berjumlah 1 kata (1,8 %), dan laalla (pengharapan) berjumlah 2 kata (3,5%). Sedangkan peneliti tidak menemukan kaanna dan laita di dalam surat ini. Implikasi hasil penelitian ini terhadap pengajaran nahwu adalah menjadikan Surat At-Taubah sebagai salah satu bahan perkuliahan khususnya dalam pengajaran nahwu pada tingkatan mahasiswa di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Universitas Negeri Jakarta. This research aims to obtain a clear description about inna and his brothers in the mail at-Tawba and its implication in teaching nahwu, big hopes this research be useful in teaching nahwu for students Arabic language education courses, Faculty language and arts, State University of Jakarta. The methods used in this research is descriptive qualitative content analysis method based on the literature review, namely the analysis of Inna and words like the qur'an. The focus of this research is Inna and words like in surat At-Tawba. The researchers chose this discussion because most students still erred in the use of function with inna and words like. Also it is difficult to distinguish between sentences entered by Inna, Kaana, and Dzonna. Why researchers choose the object of research into mail At-Tawbah? After the researchers see and compare with the other letters in the qur'an, Surat At-Tawbah is the most accessed by Inna and words like. So the researchers decided to discuss this study. The research instrument used in this study is it's own researchers assisted with the table classification. Based on the results of the research there were 57, inna and words like in Surat At-Tawba, namely Inna (strengthen) amounted to 32 words (56.1%), ' anna (strengthen) amounted to 22 words (38.6%), lakinna (penangkalan) amounted to 1 Word (1.8%), and laalla (hope) amounted to 2 words (3.5%). While the researchers did not find kaanna and laita in this letter. The implications of the results of research to the teaching nahwu is made At-Tawba Letter as one of the ingredients, especially in the teaching of nahwu lectures on the level of students in the Arabic language education courses, State University of Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Prof. Dr. Aceng Rahmat, M.Pd 2) Ahmad Murodi, M.A
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 19:47
Last Modified: 25 May 2022 19:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/28997

Actions (login required)

View Item View Item