Efektivitas Metode Drill Dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen di Kelas X Akuntansi SMK Mutiara Baru Tahun Akdemik 2016/2017)

FAJAR NURAHMAN, . (2017) Efektivitas Metode Drill Dalam Pembelajaran Berbicara Bahasa Jepang (Penelitian Eksperimen di Kelas X Akuntansi SMK Mutiara Baru Tahun Akdemik 2016/2017). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR ISIfajar.pdf

Download (342kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (189kB)
[img] Text
Abstract english.pdf

Download (7kB)
[img] Text
ABSTRAK iv.pdf

Download (9kB)
[img] Text
KATA PENGANTAR ix.pdf

Download (195kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Lembar Orisinalitas.pdf

Download (330kB)
[img] Text
GAYOU v.pdf

Download (0B)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (17kB)
[img] Text
Lembar pernyataan.pdf

Download (209kB)
[img] Text
SKRIPSI I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (271kB)

Abstract

Menurut wawancara dengan Guru bahasa Jepang SMK Mutiara Baru Bekasi siswa memiliki permasalahan dalam pembelajaran bahasa Jepang. Khusunya berbicara yaitu karena pelafalan dan intonasi bahasa Jepang yang terdengar asing dan aneh jadi siswa menjadi kurangnya rasa percaya diri saat berbicara menggunakan bahasa Jepang. Berdasarkan masalah yang sudah dipaparkan di atas penelitian ini menggunakan metode drill dalam pembelajaran berbicara di kelas. metode drill suatu cara mengajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yang dipelajari siswa sehingga memperoleh satu kompetensi tertentu.Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui efektivitas metode drill dalam pembelajaran berbicara Bahasa Jepang pada Siswa SMK Mutiara Baru Bekasi,mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan metode drill dalam pembelajaran berbicara pada siswa SMK Mutiara Baru Bekasi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen One-Group Pretest-Postest Design. Populasi pada penelitian ini adalah SMK Mutiara Baru Bekasi tahun ajaran 2016/2017 dengan sampelnya adalah siswa kelas X Akuntansi yang berjumlah 22 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes lisan berupa wawancara dan tertulis berupa angket. Berdasarkan analisis data penelitian, dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode drill dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang di SMK Mutiara Baru Bekasi terdapat perbedaan nilai rata-rata pretest sebesar 56.64 nilai rata-rata posttest sebesar 79.68, sehingga terdapat perbedaan nilai rata-rata sebesar 23.04. Hasil penelitian berdasarkan pada taraf signifikansi 5 % pada pada derajat kebebasan (db) = 43 maka didapatkan ttabel sebesar 2.01. Dengan hasil thitung 6.74 berarti thitung lebih besar dari pada ttabel (thitung > ttabel) sehingga HK diterima dan HO ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa metode drill efektif dalam pembelajaran berbicara bahasa Jepang. According to an interview with the teacher japanese SMK Mutiara Baru Bekasi students having problems in learning Japanese.Especially talk is the pronunciation and intonation japanese that sounds foreign and strange so students became the lack of confidence the time of speaking use of language japan. Based on a matter already described above this research using methods drill in their learning speak in the class. Method of drill a way teaching by giving exercises for what learned students in order obtained a certain competence. The purpose of this research for to know the capacity speaking Japanese language before and after use the method drill, to know the effectiveness method drill in the speaking learning of Japanese Language.to know the effectiveness method drill in the speaking learning of Japanese Language. The Model of this research is used experiment model One-Group Pretest-Posttest Design. The population of this research is students in SMK Mutiara Baru Bekasi academic period 2016/2017 which there is differences average pretest value 56.64, and the average posttest value is 79.68, so there is differences average value 28.67. the result for this research depend on significance level 5% with the tolerance = 43 for ttabel 2.01. from the result of t account 6.74 it means the value of t account more than t table (thitung > ttabel), so accepted HK and rejected HO. The conclusion is method drill is effective for the speaking Japanese language

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Poppy Rahayu, M.Pd. 2) Komara Mulya, M.Ed.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 25 May 2022 20:06
Last Modified: 25 May 2022 20:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29001

Actions (login required)

View Item View Item