FERINA KEMALA RAHMAWATI, . (2017) THE MOVES OF THE DISCUSSION SECTIONS OF THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM SKRIPSIS AND TESOL QUARTERLY JOURNAL ARTICLES: A QUALITATIVE ANALYSIS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Skripsi Ferina.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi alur penulisan dan fungsi bahasa pada alur penulisan sebagai proses yang digunakan untuk menuliskan bagian diskusi pada skripsi dan artikel penelitian TESOL Quarterly. Fokus penelitian ini adalah pada penggunaan bahasa yang digunakan oleh penulis untuk merepresentasikan alur penulisan bagian diskusi. Tiga bagian diskusi pada skripsi dan tiga lainnya dari artikel penelitian digunakan sebagai sumber data dan dianalisis menggunakan tabel analisis dari Halliday. Alur penulisan tersebut dianalisis menggunakan sistem transitivity yang berfungsi untuk mengklasifikasi proses dari tiap klausa. Selanjutnya, analisis secara kualitatif digunakan untuk melihat fungsi bahasa dan alur penulisan secara bertahap dari tiap-tiap klausa dari sumber data. Hasil menunjukkan bahwa terdapat alur yang wajib digunakan yakni pernyataan hasil studi dan klaim. Hasil lain memperlihatkan adanya kesenjangan yang diperlihatkan kedua sumber data terlebih pada alur pengembangan ide dan penguatan klaim. Dengan adanya analisis ini, karakter penulisan pada bagian diskusi skripsi dan artikel dalam jurnal menjadi sebuah evaluasi yang dapat digunakan dalam menulis diskusi. Selain itu, analisis ini dapat menjadi pembelajaran bagi para penulis untuk memahami fungsi bahasa yang memiliki pengaruh penting untuk menulis diskusi dalam konteks akademik dan analisis ini dapat dijadikan sebagai proses awal untuk memberikan asumsi general yang berguna untuk kepentingan penulisan akademik. The purpose of this research was to identify the moves and processes used in the Discussion section of the Skripsis and TESOL Quarterly journal articles. This research focused on the language and the function of the language used by the writers in representing their moves while writing the discussion. The clauses of the six discussions were used which three discussions derived from Skripsis and three others from TESOL Quarterly journal articles and analyzed using the table analysis by Halliday to examine the function of each language used. The qualitative analysis was used to describe the moves of the Discussions that focused on the function of language of each clause. The result showed there were two obligatory moves ‘results statement’ and ‘claim’ that presented in most of discussions. Further analysis also revealed the gaps found between the discussion of the Skripsis and TESOL Quarterly journal articles particularly in elaborating the statement of ideas and proofing their claim. By identifying the moves of skrispsis and TESOL Quarterly journal articles, the characteristics of the English Department students in writing their discussions in regards to the researchers from journal articles were shown as a needs analysis in writing discussion section. This might also allow the writers to understand the function of the language written in the discussion section and may direct future research to continue this analysis to make applicable generalization for academic write purposes.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1) Siti Wachidah,Ph.D 2) Dr. Sudarya Permana, M.Hum. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | sawung yudo |
Date Deposited: | 26 May 2022 01:34 |
Last Modified: | 26 May 2022 01:34 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29018 |
Actions (login required)
View Item |