PRINSIP KESANTUNAN DALAM TINDAK TUTUR KOMISIF PADA NASKAH TEATER ENJUKU YANG BERJUDUL BACK TO THE SENGOKU KARYA SUGAKO KAIKIRI

NOVA SAPUTRA, . (2016) PRINSIP KESANTUNAN DALAM TINDAK TUTUR KOMISIF PADA NASKAH TEATER ENJUKU YANG BERJUDUL BACK TO THE SENGOKU KARYA SUGAKO KAIKIRI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (96kB)
[img] Text
halaman depan.pdf

Download (488kB)
[img] Text
BAB I-V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRACT.pdf

Download (6kB)

Abstract

Komunikasi adalah kegiatan yang merupakan bagian terpenting dalam serangkaian kegiatan dan usaha manusia untuk bertahan hidup di dunia. Manusia sebagai mahluk sosial, berkomunikasi untuk menyampaikan maksud dan berinteraksi sesama manusia. Dalam tuturannya banyak sekali jenis-jenis yang memiliki maksud dalam tindak tutur. Salah satunya adalah tindak tutur komisif dimana dalam tuturannya terdapat maksud dari penutur untuk melakukan suatu hal. Dalam bertindak tutur terdapat kaidah yang mengatur tindakan, penggunaan bahasa, dan interpretasinya itu semua masuk dalam prinsip kesantunan. Penelitian ini membahas tentang fungsi tindak tutur komisif dan prinsip kesantunan yang terdapat dalam naskah Back to the Sengoku. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi tindak tutur komisif, prinsip kesantunan, dan faktor penentu tingkat kesantunan dalam bahasa Jepang yang terdapat pada naskah Back to the Sengoku. Teori tindak tutur dalam penelitian ini menggunakan teori Searle. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode catat. Sementara untuk analisis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang terkumpul dianalisis dan diklasifikasikan berdasarkan 8 fungsi tindak tutur komisif, yaitu offer (mengusulkan), offer (menawarkan), promise (berjanji), swear (bersumpah), volunterr (menawarkan diri), intend (berniat), betting (bertaruh), contracting (berkontrak). Data yang ditemukan sebanyak 15 tuturan komisif, yaitu offer (mengusulkan) 2 data, offer (menawarkan) 4 data, promise (berjanji) 1 data, swear (bersumpah) 2 data, volunterr (menawarkan diri) 2 data, intend (berniat) 4 data. Communication is a process by which information is exchanged between individuals through a common system of symbols, signs, or behavior. Speech acts of commisive ilocution description in Back to the Sengoku script ilustrating phenomena politeness on utterance. The theory used in this research sosiopragmatic theory. The method using analytical descriptive qualitative based on data information and contextual analysis. The results findings commisive act are, offer, promise, swear, volunterr, intend, betting, and contarcting.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Tia Ristiawati, M.Hum 2) Viana Meilani Prasetio, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 03:07
Last Modified: 26 May 2022 03:07
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29031

Actions (login required)

View Item View Item