Pengaruh Penggunaan Metode Time Token Terhadap Kemahiran Berbicara pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri  Jakarta

GITA PRATIWI, . (2017) Pengaruh Penggunaan Metode Time Token Terhadap Kemahiran Berbicara pada Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri  Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N)  Marunda pada semester II Tahun Ajaran    , yang di mulai dari bulan Maret hingga Juni  dengan tujuan guna mengetahui pengaruh mengenai “Metode Time Token” dalam meningkatkan hasil kemahiran berbicara siswa Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N)  Marunda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Dengan populasi penelitian adalah siswa kelas VIII Madrasah Tsnawiyah Negeri (MTs. N)  Marunda, dan sampelnya adalah siswa kelas VIIIsejumlah  siswa terdiri dari  siswa sebagai kelas kontrol dan  siswa kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara “Purposive Sampling”, yaitu teknik pengambilan sampel secara sengaja sesuai dengan persyaratan sampel yang diperlukan. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berbentuk tes lisan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji hipotesis yang digunakan adalah uji�t pada taraf signifikasi =  Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas. Uji Homogenitas dengan hasil pengelompokan Y dan X mempunyai varians yang Homogen karena   h i t u n g  <   t a b e l , Uji Normalitas yang memiliki data berdistribusi normal dengan hasil Lhitung  < Ltabel . Setelah dilakukan tes maka nilai t-hitung yang diperoleh dari  adalah  sedangkan nilai t-tabel adalah  untuk derajat kebebasan (dk= ). Karena t-hitung yang diperoleh lebih besar daripada harga t-tabel, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (H) diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa mendapatkan pengaruh yang signifikan dalam penguasaan kemahiran berbicara yang menggunakan metode “Time Token”. Siswa lebih tertarik untuk belajar bahasa arab khususnya pada pembelajaran kemahiran berbicara, dan mereka lebih mudah menerimanya, karena “Metode Time Token” mengajak siswa untuk lebih aktif, fokus dan imajinatif dalam belajar, serta dapat mengkaitkan materi pelajaran dengan lingkungan sekitar dan mempraktekannya dalam keseharian mereka. Untuk itu guru sebaiknya menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan kegiatan belajar mengajar khususnya “Metode Time Token” dalam pelajaran bahasa arab. This research was carried out at the Madrasah Tsnawiyah (MTs. N)  Marunda II semester school year    starting from March to June  with the purpose to know the influence of the "method of Time tokens" in improving the students ' speaking proficiency results Madrasah Tsnawiyah (MTs. N)  Marunda.. The methods used in this research is a method of experimentation. With a population of research is grade VIII Madrasa Tsnawiyah (MTs. N)  Marunda, and sampelnya is grade VIII  numbers of students consisted of students as a class  controls and  students class experiments. The technique of sampling is done by means of "Purposive Sampling", i.e. deliberately sampling techniques in accordance with the requirements of the required samples. The instruments used are the ultimate test of oral tests-shaped. Data analysis techniques used are descriptive and statistical test of the hypothesis used are test-t on the significance level =   The t-test results obtained after the test of its homogeneity and Normality Test. Its homogeneity test with result grouping of Y and X have homogeneous variances because   calculate  <   table , test the Normality which has a Gaussian data with results Lhitung  < Ltabel . After the test the value t calculate obtained from  is  while t-value table is  to degrees of freedom (dk = ). Because t-count obtained is greater than the price of the t-table, then the zero hypothesis (H) is rejected and the research hypothesis (H ) accepted. The results of this research show that students get a significant influence in the mastery of the speaking proficiency using the method of "Time the Token". Students more interested in learning the Arabic language learning proficiency, especially at talk, and they are more easily accepted it, because "method Time Token" invites students to be more active, imaginative and focus in learning, as well as be able to associate the subject matter with the surroundings and out in everyday life they are. For that teachers should use appropriate learning methods with the teaching and learning activities in particular "method Time tokens" in the Arabic language lessons.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Murodi, M.A 2) R.A Barnas, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 03:28
Last Modified: 26 May 2022 03:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29039

Actions (login required)

View Item View Item