PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRAKTIK BERPASANGAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 39 JAKARTA

HADID FADILA, . (2017) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AKTIF TIPE PRAKTIK BERPASANGAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA DI MTs NEGERI 39 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Hadid Fadila.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Negeri 39 Jakarta Utara, di Semester II pada tahun ajaran 2015-2016, yang dimulai dari bulan April 2016 sampai dengan bulan Mei 2016, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh “Metode Pembelajaran Aktif Tipe Praktik Berpasangan Terhadap Hasil Pembelajaran Bahasa Arab Siswa di MTs Negeri 39 Jakarta”. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi penelitiannya adalah seluruh siswa MTs Negeri 39 Jakarta Utara dan Sampelnya adalah Siswa kelas VII-4 dengan jumlahnya 37 Siswa sebagai kelas eksperimen, dan Siswa kelas VII-3 dengan jumlahnya 37 Siswa sebagai kelas kontrol dari sekolah ini. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara sampling purposive. Instrumen yang digunakan adalah Tes Akhir yang berbentuk tes tertulis, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada taraf signifikasi = 0.05. Dan Hasil uji-t diperoleh setelah dilakukan uji Normalitas menggunakan teknik Liliefors dan uji Homogenitas menggunakan teknik Bartlet. This research was conducted in MTs Negeri 39 of North Jakarta, in second semester in 2015-2016 of school year, started from April 2016 to May 2016, as a mean to identify the impacts of “Pair Practice Type of Active Learning Method Towards Arabic Learning Outcome of Students of MTs Negeri 39 Jakarta”. The method used in this research is experimental method. Population of the research are all students of MTs Negeri 39 of North Jakarta and samples of the research are 37 students of VII-4 class as experiment class, and 37 students of VII-3 class as control class from this school. The samples were taken by using sampling purposive technique. The instrument used is Final Test which is written test with data analysis technique used t-test at significant standard = 0.05 and t-test result was obtained after Normality test was done using Liliefors technique and Homogeneity test using Bartlet technique.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Ahmad Murodi, M.A 2) R.A Barnabas, M.Pd
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: sawung yudo
Date Deposited: 26 May 2022 03:47
Last Modified: 26 May 2022 03:47
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item